Opini Anggota AIPI

Inovasi Darurat Covid-19
12 May 2020

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas

Percepatan inovasi dalam rangka darurat Covid-19 akan berhasil jika semua pemangku kepentingan mempunyai kepentingan yang sama, yaitu menyelamatkan nyawa manusia di mana pun mereka berada.

Pandemi Covid-19 menyebabkan rapuhnya kolaborasi antarnegara karena setiap negara harus memastikan kecukupan sumber dayanya mengatasi wabah virus tersebut, baik dalam tahap pencegahan, deteksi, perawat ... oleh Satryo S. Brodjonegoro

Politik Tuna-empati
16 April 2020

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas

Simaklah hati nurani rakyat wahai para elite politik dan pemerintah. Cobalah tumbuhkan empati dan buang jauh-jauh politik tuna-empati sebelum keadaan memburuk.

Perjuangan menghadapi virus korona baru penyebab Covid-19 bakal berlangsung panjang, khususnya di Tanah Air. Ini dapat dilihat dari skenario beberapa ahli tentang tingkat dan durasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Regulatory Sandbox” Solusi Lembah Kematian Inovasi
14 April 2020

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas

Daya saing sebuah negara sangat bergantung pada kemampuan menciptakan produk yang menguasai pasar global. Penciptaan produk tersebut diawali dengan kegiatan riset yang intensif sampai adanya prototipe. Prototipe tersebut harus dikembangkan lebih lanjut agar menjadi produk unggulan global, di mana tidak hanya aspek teknis produk yang perlu diperhatikan, tetapi juga aspek komersial dan proses produksi massal sehingga nilai tambah ... oleh Satryo S. Brodjonegoro

Parpol dan Sistem Pemilu
05 March 2020

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas

Dua rekomendasi penataan sistem politik yang diajukan dalam tulisan ini saling berkaitan. Kedua hal yang merupakan satu paket reformasi itu adalah reformasi parpol dan perubahan sistem pemilu anggota DPR dan DPRD.

Dari pemberitaan akhir-akhir ini terungkap adanya rencana pemerintah (Kemendagri) dan DPR (Komisi II) menata ulang sistem politik Indonesia dengan merevisi sejumlah undang-unda ... oleh Ramlan Surbakti

Stagnasi Masyarakat Sipil
05 March 2020

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas

Hanya dengan masyarakat sipil yang kuat, Indonesia bisa tumbuh menjadi demokrasi terkonsolidasi, dengan pemerintahan bertata kelola yang baik guna lebih memajukan negeri ini. Sayangnya. terjadi stagnasi masyarakat sipil.

Mengikuti perbincangan para ahli dan pengamat dari dalam dan luar negeri, kemunduran demokrasi Indonesia beberapa tahun terakhir terkait dengan stagnasi masyarakat sipil ... oleh Azyumardi Azra

RUU Cipta Kerja dan Pertanahan
24 February 2020

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas

Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) diserahkan ... oleh Maria S.W. Sumardjono

Capaian Pendidikan Tak Ditentukan oleh UN
08 January 2020

Artikel ini pertama kali diretbitkan di Harian Kompas

Pendidikan adalah proses pemberdayaan yang bernilai tambah yang memampukan individu untuk berkarya mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik. Keutamaan individu dalam proses pendidikan akan sangat menentukan efektivitas dan keberhasilannya. Yang paling mengetahui dan merasakan keberhasilan dad pendidikan adalah individu peserta didik, bukan pendidiknya, apalagi pengelolanya. 

Denga ... oleh Satryo S. Brodjonegoro

Pileg 2019: Bebas Tapi Tak Adil?
06 January 2020

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas
Apakah persaingan antar partai politik peserta pemilu dalam penyelenggaraan pemilu anggota DPR dan DPRD tahun 2019 telah berlangsung bebas dan adil? Evaluasi perlu dilakukan berdasarkan parameter pemilu demokratik.
 
Salah satu yang perlu dievaluasi dari setiap penyelenggaraan pemilu adalah: apakah pemilu sebagai persaingan antar-peserta pemilu sudah berlangsung secara bebas dan adil (free and fair).

... oleh Ramlan Surbakti

Pertaruhan Pendidikan
17 December 2019

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas

Tak ada jaminan keberlanjutan agenda pendidikan antar-rezim, maka perlu kejelian Mendikbud baru dalam menentukan perubahan terbatas yang berdampak signifikan. Hal itu bisa dimulai dari penataan pendidikan dasar.Yudi Latif

Demokrasi Mau ke Mana?
12 December 2019

-Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas-

Era reformasi telah dua dasawarsa berlalu. Namun kian banyak kalangan yang kritis dan skeptis terhadap masa depan demokrasi negara ini.

Tahun 2019 yang sebentar lagi berlalu menjadi penanda telah 20 tahun demokrasi di Indonesia. Pemilu 7 Juni 1999 menjadi momentum awal kebangkitan demokrasi Indonesia pasca-otoritarianisme Orde ... oleh Azyumardi Azra

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.