Opini Anggota AIPI

Disrupsi Digital Ubah Pembelajaran dan Pola Pikir Pendidik
15 October 2021

Revolusi Industri 4.0, yang dipicu disrupsi digital membawa perubahan radikal. Kemampuan lembaga untuk bisa bertahan/berkembang tergantung kapasitasnya menjawab tantangan ketidakpastian itu.

Johannes Haryatmoko

Menggelorakan Kritik
07 October 2021

Kritik harus digelorakan. Para pejabat publik bersama masyarakat sipil memiliki tanggung jawab utama menggelorakan demokrasi, bukan menampilkan sikap antikritik dengan mengkriminalisasi pengkritik.

“If our democracy is to flourish, it must have criticism; if our government is to function, it must have dissent” (Henry Steele Commager, sejarawan prolifik 1902-1998, Fredom, Loyalty, Dissent, 1954).

Demokrasi ... oleh Azyumardi Azra

Manfaat Publikasi Ilmiah
30 September 2021

Indonesia termasuk negara dengan publikasi artikel di jurnal predator nomor dua tertinggi di dunia setelah Kazakhstan. Tolok ukurnya persentase artikel di jurnal predator terhadap seluruh artikel yang diterbitkan.

“Prof, no one is reading you”

Asit K Biswas dan Julian Kirchher, The Strait Times (11/4/2015)

Ungkapan di atas telah diutarakan oleh Eunike Sri Tyas Suc ... oleh Satryo S. Brodjonegoro

Membendung Oligarki
16 September 2021

Liberalisasi politik dengan bermacam pemilu membuat posisi oligark cukong dan politik menguat. Oligark super kaya dan kaya kian banyak jadi politisi. Dampaknya, mereka menguasai kebijakan terkait kepentingan publik.

Penghapusan BSNP dan Citra Pendidikan
05 September 2021

Pendidikan adalah proses pemberdayaan yang bernilai tambah, yang memampukan individu untuk lebih berkarya mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik.

Otonomi Daerah Berbasis Kebinekaan
01 September 2021

REFORMASI desentralisasi dan otonomi daerah di Tanah Air telah memasuki usia lebih dari dua dekade. Namun, capaian yang diperoleh belum menunjukkan hasil yang signifikan. Kecenderungan ini, misalnya saja dapat ditilik dari capaian atas tujuan esensial desentralisasi dan otonomi daerah itu sendiri. Antara lain, peningkatan kesejahteraan rakyat, demok ... oleh Syarif Hidayat

Kebangsaan, Ketaatan Hukum dan Demokrasi
30 August 2021

Dari studi Perbandingan Politik muncul perkembangan baru mengenai konsep demokrasi, khususnya negara demokrasi. Salah satu dari 49 “divisi” (bidang peminatan dalam konvensi tahunan Asosiasi Ilmu Politik AS) berubah dari Demokrasi dan Demokratisasi menjadi Demokrasi dan Autokrasi karena perubahan sejumlah negara demokrasi menjadi autokrasi.

Para ahli ilmu politik lain menulis buku tentang bagaimana demokrasi akan mati (Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt, How Democr ... oleh Ramlan Surbakti

Subordinasi Negara terhadap Bisnis
01 September 2021

Sub-ordinasi negara terhadap bisnis dapat akan berimplikasi sangat signifikan terhadap pelapukan fungsi lembaga negara dan ketidakpastian keberlanjutan perekonomian bangsa karena berorientasi kepentingan jangka pendek.

Menyatakan Kemerdekaan, Percaya dalam Kemandirian
20 August 2021

Untuk menentukan ke mana dan jalan mana yang harus kita tempuh, kita harus mengingat dari mana dan mengapa kita berangkat.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.