Opini Anggota AIPI

Membendung Oligarki
16 September 2021

Liberalisasi politik dengan bermacam pemilu membuat posisi oligark cukong dan politik menguat. Oligark super kaya dan kaya kian banyak jadi politisi. Dampaknya, mereka menguasai kebijakan terkait kepentingan publik.

Penghapusan BSNP dan Citra Pendidikan
05 September 2021

Pendidikan adalah proses pemberdayaan yang bernilai tambah, yang memampukan individu untuk lebih berkarya mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik.

Otonomi Daerah Berbasis Kebinekaan
01 September 2021

REFORMASI desentralisasi dan otonomi daerah di Tanah Air telah memasuki usia lebih dari dua dekade. Namun, capaian yang diperoleh belum menunjukkan hasil yang signifikan. Kecenderungan ini, misalnya saja dapat ditilik dari capaian atas tujuan esensial desentralisasi dan otonomi daerah itu sendiri. Antara lain, peningkatan kesejahteraan rakyat, demok ... oleh Syarif Hidayat

Kebangsaan, Ketaatan Hukum dan Demokrasi
30 August 2021

Dari studi Perbandingan Politik muncul perkembangan baru mengenai konsep demokrasi, khususnya negara demokrasi. Salah satu dari 49 “divisi” (bidang peminatan dalam konvensi tahunan Asosiasi Ilmu Politik AS) berubah dari Demokrasi dan Demokratisasi menjadi Demokrasi dan Autokrasi karena perubahan sejumlah negara demokrasi menjadi autokrasi.

Para ahli ilmu politik lain menulis buku tentang bagaimana demokrasi akan mati (Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt, How Democr ... oleh Ramlan Surbakti

Subordinasi Negara terhadap Bisnis
01 September 2021

Sub-ordinasi negara terhadap bisnis dapat akan berimplikasi sangat signifikan terhadap pelapukan fungsi lembaga negara dan ketidakpastian keberlanjutan perekonomian bangsa karena berorientasi kepentingan jangka pendek.

Menyatakan Kemerdekaan, Percaya dalam Kemandirian
20 August 2021

Untuk menentukan ke mana dan jalan mana yang harus kita tempuh, kita harus mengingat dari mana dan mengapa kita berangkat.

Rejuvenasi Kemerdekaan
20 August 2021

Tujuh puluh enam tahun kemerdekaan Indonesia. Banyak pencapaian terwujud yang boleh jadi tidak pernah terbayangkan oleh para pejuang dan pendiri republik. Indonesia hari ini dan ke depan sungguh beyond imagination. Indonesia di masa awal kemerdekaan 1945 dengan sekarang berjarak seperti bumi dan langit.

Azyumardi Azra

Politik Harapan
31 July 2021

Krisis demi krisis yang semula lokal dengan cepat menjadi global memerlukan politik harapan. Asa masyarakat kian menipis menghadapi krisis keuangan, ekonomi, dan politik berlarut-larut. Harapan terus memudar tatkala krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum teratasi. Indonesia sepanjang Juli 2021 disebut media internasional sebagai episentrum baru Covid-19 di dunia: terbanyak kasus harian orang terinfeksi dan wafat.

Diversifikasi Kunci Sistem Pangan Pasca
17 July 2021

Sistem pangan yang terlalu fokus menghasilkan pangan yang berkuantitas tinggi dan murah sangat rapuh. Tidak hanya menyangkut ketersediaannya, juga manfaatnya bagi kesehatan. Perlu ada transformasi sistem pangan.

Pemerintahan Indonesia Maju
31 October 2019

Artikel ini pertama kali diterbitkan di Harian Kompas

Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah terbentuk. Pemilihan nama Kabinet Indonesia Maju menunjukkan orientasi pemerintahan Jokowi-Amin dalam lima tahun ke depan, yaitu membawa Indonesia ke alam kemajuan.

Melihat format dan komposisi menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM), orang patut bertanya, sejauh mana pemerintahan Indonesia maju akan berhasil me ... oleh Azyumardi Azra

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.