Opini Anggota AIPI

Konflik Agraria Tak Kunjung Usai
23 February 2021

Januari lalu, Konsorsium Pembaruan Agraria dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara merilis catatan akhir tahun 2020 tentang konflik agraria.

Frekuensi dan ragam konflik yang sempat dicatat itu merupakan akumulasi dari konflik pada masa sebelumnya yang belum terselesaikan, ditambah dengan konflik yang berlangsung pada masa pandemi. Konflik agraria dimaksud merupakan konflik struktural, yakni konflik berkenaan dengan akses dan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) antara kelompok yang lemah dan yang kuat po ... oleh Maria S.W. Sumardjono

Covid-19 dan Mencerdaskan Bangsa
23 February 2021

Ketika wabah korona menyebar, pemerintah menerapkan langkah 3M (mencuci tangan, memakai masker, mengambil jarak) dan 3T (testing, trace, treat) untuk membendung meluasnya penyebaran virus. Pola bekerja masyarakat pun berubah jadi “bekerja dari rumah” dan “belajar dari  rumah” untuk mengurangi penyebaran virus.

Tanpa disadari, kita telah memicu tumbuhnya kreativitas manusia mengubah “pola kerja mengambil jarak” dengan memicu pertumbuhan tekn ... oleh Emil Salim

ReformasiPartai Politik
23 February 2021

Judul Analisis Politik kali ini dipinjam dari TajukRencana Kompas (5/2/2021). Tajuk rencana itu memandang perlu reformasi partai politik, terkait kega-duhan Partai Demokrat. Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono mengklaim kepemimpinan partainya bakaldiambil alih pejabat tinggi di lingkar dalam istana PresidenJoko Widodo—yang dimaksud adalah Kepala Staf Kepre-sidenan Moeldoko. 

Tudingan itu dibantah Moeldoko.Seperti diulas Tajuk Rencana Kompas, dalam sejarahpolitik Ind ... oleh Azyumardi Azra

Darurat Korupsi
09 February 2021

Kemerosotan IPK Indonesia jelas bukan sekadar angka, juga bukan sekadar statistik. Menurunnya IPK itu juga mencerminkan kemerosotan substansi kehidupan berbangsa bernegara untuk penciptaan tata pemerintahan yang baik.

Tidak mengagetkan dan juga tidak mengherankan, tetapi pasti memprihatinkan. Indeks Persepsi Korupsi  Indonesia merosot dari skor 40 (skala 0-100) pada 2019 menjadi 37 pada 2020. Dalam data yang dikeluarkan Transparency International Indonesia  tahun 2019, I ... oleh Azyumardi Azra

Tantangan Defisit “Governance” 2021
01 February 2021

Hanya dengan keberanian dan ketegasan dalam menempuh tiga langkah transformasi itu akan terwujud ASN yang dapat mengatasi governance deficit dan mampu menjadi ASN yang siap menghadapi berbagai krisis.

Tahun 2020 oleh harian ”Kompas” ditahbiskan menjadi Tahun Bersyukur karena banyak bangsa mampu bertahan dan oleh Yudi Latif ditabalkan sebagai Tahun Pengharapan.

Sofian Effendi

Membagi Ilmu Pengetahuan untuk Anak Bangsa
19 January 2021

Kepedulian Hendra Gunawan terhadap pendidikan anak Indonesia diwujudkan dengan membuat konten digital melalui blog anakbertanya.com.
Hendra Gunawan (56), Guru Besar Matematika Institut Teknologi Bandung, mencerdaskan anak bangsa melalui sebuah blog yang berisi ilmu pengetahuan. Ia menginspirasi anak-anak Indonesia untuk mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan membangun kemampuan bernalar dan berkreativitas.

Ester Lince Napitupulu

Hendra Gunawan

Asa Politik 2021
24 December 2020

Dalam banyak segi, 2020 ialah Annus horribilis, tahun mengerikan. Ini karena wabah Covid-19 yang memorakporandakan kehidupan. Apakah 2021 dapat menjadi Annus mirabilis, tahun cerah membawa kebahagiaan, bagi Indonesia?

Melampaui Tahun Ketakutan
24 December 2020

Hampir sepanjang tahun kehidupan kita diselimuti kabut ketakutan.

Gairah dan jelajah rutinitas perayaan hidup mend ... oleh Yudi Latif

Food safety prerequisite for food security
19 December 2020

Food security has often been simplified and conceived of merely in terms of having sufficient food. This simplification is not in compliance with Food Law No.

Ketahanan Masyarakat Sipil
23 November 2020

Masyarakat sipil berbasis agama dengan resiliensinya dapat terus turut menjaga demokrasi. Selain itu, terus berusaha memajukan bangsa lewat berbagai praksisnya; juga menyantuni warga dan komunitas dengan aktivismenya.

“Government responses to the new corona virus pandemic are disrupting civil society globally. More worryingly, illiberal leaders in a number of countries are taking advantage ... oleh Azyumardi Azra

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.