Opini Anggota AIPI

Pekerjaan Rumah Berat Pasca-COP 26
19 November 2021

Menurut prediksi para ilmuwan yang tergabung dalam IPCC, dalam jangka panjang suhu akan meningkat 2,7 hingga 3,6 derajat celsius dari rata-rata zaman praindustri. Pekerjaan rumah yang tidak ringan.

Daniel Murdiyarso

Belajar Sejarah Kendaraan Listrik
05 November 2021

Para pemimpin dunia bertemu di konferensi COP26 Glasgow untuk melakukan negosiasi penurunan emisi global karbon dioksida. Membangun infrastruktur kendaraan listrik salah satu cara untuk memperoleh dampak yang signifikan.

Demokrasi Deliberatif
05 November 2021

Atas nama demokrasi, ”pemenang kekuasaan” menjadikan semua pihak di luar mereka hanya sebagai ”pecundang yang tak berdaya” (powerless losers).

Demokrasi Indon ... oleh Azyumardi Azra

PENURUNAN EMISI: Urgensi Komitmen Ambisius Penurunan Gas Rumah Kaca
27 October 2021

Masalah utama Indonesia adalah besarnya porsi penggunaan batubara. Ribuan megawatt listrik sedang dan akan dibangkitkan dengan batubara. Tetapi porsi energi baru dan terbarukan harus mulai diperbesar.

Daniel Murdiyarso

Publikasi Ilmiah dan Kebijakan Publik
15 October 2021

Statistik publikasi ilmiah yang dikeluarkan Scimago Journal & Country Rank (SJR) menunjukkan perkembangan yang menarik: pada 2020 Indonesia adalah salah satu penghasil publikasi ilmiah terbanyak di Asia dengan 50.145 publikasi setahun.

Disrupsi Digital Ubah Pembelajaran dan Pola Pikir Pendidik
15 October 2021

Revolusi Industri 4.0, yang dipicu disrupsi digital membawa perubahan radikal. Kemampuan lembaga untuk bisa bertahan/berkembang tergantung kapasitasnya menjawab tantangan ketidakpastian itu.

Johannes Haryatmoko

Menggelorakan Kritik
07 October 2021

Kritik harus digelorakan. Para pejabat publik bersama masyarakat sipil memiliki tanggung jawab utama menggelorakan demokrasi, bukan menampilkan sikap antikritik dengan mengkriminalisasi pengkritik.

“If our democracy is to flourish, it must have criticism; if our government is to function, it must have dissent” (Henry Steele Commager, sejarawan prolifik 1902-1998, Fredom, Loyalty, Dissent, 1954).

Demokrasi ... oleh Azyumardi Azra

Manfaat Publikasi Ilmiah
30 September 2021

Indonesia termasuk negara dengan publikasi artikel di jurnal predator nomor dua tertinggi di dunia setelah Kazakhstan. Tolok ukurnya persentase artikel di jurnal predator terhadap seluruh artikel yang diterbitkan.

“Prof, no one is reading you”

Asit K Biswas dan Julian Kirchher, The Strait Times (11/4/2015)

Ungkapan di atas telah diutarakan oleh Eunike Sri Tyas Suc ... oleh Satryo S. Brodjonegoro

Membendung Oligarki
16 September 2021

Liberalisasi politik dengan bermacam pemilu membuat posisi oligark cukong dan politik menguat. Oligark super kaya dan kaya kian banyak jadi politisi. Dampaknya, mereka menguasai kebijakan terkait kepentingan publik.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.