Opini Anggota AIPI

Demokrasi, Hukum, dan Penjabat Kepala Daerah
29 July 2022

Pengangkatan 57 kepala daerah sejauh ini tidak mengindahkan prinsip demokrasi tentang kedaulatan rakyat, ketentuan hukum tentang pemilihan pejabat publik, serta kepatutan, fatsun politik, dan etika publik.

”Quo Vadis” Rehabilitasi Mangrove
01 August 2022

Menjaga keanekaragaman hayati mangrove dan keutuhan ekosistem karbon biru menjadi taruhan program rehabilitasi mangrove. Sistem “monitoring”, “reporting”,  dan verifikasi rehabilitasi mang ... oleh Daniel Murdiyarso

Memperkuat Rekoneksi Damai
01 July 2022

Pemerintah bersama kepemimpinan sosial dan masyarakat sipil sedapat mungkin mesti menghindari perjumpaan keras sepanjang tahun-tahun politik yang bisa membuat ambyarnya koneksi-rekoneksi dan kohesi sosial.

Borobudur dan UNESCO
13 June 2022

Dalam beberapa hari ini kita ramai mendiskusikan Candi Borobudur, terutama dengan rencana perubahan tarif tiketnya.

Pancasila di Era Disrupsi
31 May 2022

Di era disrupsi teknologis dan arus globalisasi yang semakin luas dan dalam, bangsa Indonesia yang majemuk mengalami kompleksitas relasi interkultural dan multikultural. Masih relevankah nilai-nilai Pancasila saat ini?

Guru Bangsa Berpulang
30 May 2022

Senapas dengan pemikiran Nurcholish Madjid dan Gus Dur, Buya Syafii secara lugas mengingatkan orang-orang Islam untuk lebih mampu menempatkan diri dan menampilkan ajaran agama mereka sebagai pembawa kebaikan untuk semua.

Rekonstruksi Pendidikan
06 May 2022

Mata rantai terlemah dunia pendidikan kita adalah pendidikan dini dan dasar. Prioritas transformasi pendidikan sebaiknya dimulai dengan membenahi ini, lantas geser ke jenjang berikutnya. Pendidikan dasar titik tumpuan.

Reformasi Total Pendidikan Vokasi
09 May 2022

Untuk menghasilkan tamatan SMK yang punya prospek cerah di era industri 4.0 maka pendidikan vokasi harus unik dan tidak dapat dilakukan oleh pendidikan menengah umum. Pendidikan vokasi harus mengembangkan keunikan-nya.

Penjabat Kepala Daerah
09 May 2022

Government is best which is closest to the people. Yet that belief is betrayed by those [central] state[government] and local officials who engage in denying the right of citizens to vote.” (Azyumardi Azra

Fatamorgana Kekuasaan
05 April 2022

Untuk menghindarkan keresahan dan spekulasi yang semakin liar, mungkin akan lebih baik kalau Presiden Jokowi dengan tegas menyatakan “Saya tidak akan menunda Pemilu dan tidak akan menjabat presiden tiga periode”.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.