Opini Anggota AIPI

Ketahanan Masyarakat Sipil
23 November 2020

Masyarakat sipil berbasis agama dengan resiliensinya dapat terus turut menjaga demokrasi. Selain itu, terus berusaha memajukan bangsa lewat berbagai praksisnya; juga menyantuni warga dan komunitas dengan aktivismenya.

“Government responses to the new corona virus pandemic are disrupting civil society globally. More worryingly, illiberal leaders in a number of countries are taking advantage ... oleh Azyumardi Azra

Waspadai Otoritarianisme
19 November 2020

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak ahli ilmu politik dan demokrasi mencemaskan kian meningkatnya regresi atau kemunduran demokrasi secara global. Kian banyak negara—baik yang mapan demokrasinya maupun dengan demokrasi relatif baru—yang menjadi illiberal atau flawed democracy, demokrasi cacat.

Kebangsaan Berperikemanusiaan
27 October 2020

Tatkala tenunan solidaritas kemanusiaan dalam relasi domestik dan internasional kian tercabik oleh aneka bentuk anarkisme tribalistik dan globalisme triumphalis, saatnya kita hidupkan kembali api Sumpah Pemuda.

Yudi Latif

Antisains Versus Komunikasi Sains
26 October 2020

Di tengah upaya menekan penyebaran Covid-19, dunia menghadapi munculnya kelompok antisains yang menolak penggunaan masker dan pemberian vaksin. Dialog antara ilmuwan dan publik diharapkan menepis pandangan antisains.

Di tengah upaya menekan penyebaran Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan, muncul kelompok antimasker di berbagai negara, termasuk Indonesia. Meski manfaat masker sudah di ... oleh Anggota AIPI

Tirani Mayoritas Politik dan RUU Cipta Kerja 
15 October 2020

Persetujuan pengesahan RUU Cipta Kerja memperlihatkan kemunduran praksis demokrasi dalam lembaga publik. Pengesahan itu sekaligus menjadi salah satu penanda utama meningkatnya tirani mayoritas politik.

P ... oleh Azyumardi Azra

Covid-19 dan Pilkada 2020
06 October 2020

KPU/KPU provinsi/KPU kabupaten dan kota harus menciptakan rasa aman bagi petugas (KPPS, PPS, dan PPK) dalam melaksanakan tugasnya sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi pemilih untuk datang memberikan suara.

Gerak Cepat Pengesahan RUU Cipta Kerja
05 October 2020

Perlu menjadi perhatian serius, jika peraturan yang ”asal jadi” itu dipaksakan untuk berlaku akan kontraproduktif dan berpotensi tak dapat dilaksanakan karena bertabrakan dengan ketentuan yang ada.

Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja telah selesai dibahas oleh panitia kerja dan sedang dirapikan oleh Tim Perumus dan Tim Sinkronisasi agar dapat segera disahkan dalam waktu dekat. Meneng ... oleh Maria S.W. Sumardjono

Pilkada Mau ke Mana?
01 October 2020

Tingkat partisipasi pemilih dalam pilkada 2020 berpotensi turun. Ini berdampak pada legitimasi calon terpilih. Pemerintah diminta untuk menimbang ulang pelaksanaan keputusan tetap menggelar pilkada ditengah pandemi ”As Covid-19 has swept one country to another, leaving death, despair, and economic devastation in its path, it has given rise in many states to the increased assertion of authority by political executives… resulted in erosion and weakening of democratic norms….”

... oleh Azyumardi Azra

60 Tahun UUPA, Masih Relevankah?
01 October 2020

Tujuan UUPA adalah mewujudkan keadilan sosial sesuai amanat Pasal 33 Ayat (3) UUD 1945. Untuk mencapai keadilan sosial, perlu reorientasi kebijakan pertanahan yang adil, demokratis, dan berkelanjutan.
Hukum itu dinamis. Rumusan undang-undang dapat diubah sesuai ruang dan waktu. Permasalahan pokoknya adalah bagaimana seharusnya perubahan itu dilakukan?

Undang-Undang Pokok Agraria No 5 T ... oleh Maria S.W. Sumardjono

Masa Depan Itu Sekarang
09 September 2020

Artikel ini pertama kali ditebitkan di Harian Kompas

Banyak ilmuwan berharap ada upaya memoles etos pendidikan yang membangun aspek penalaran, membidani daya pikir kritis, dan menyatukan keilmuan eksakta dengan keilmuan sosio-kemasyarakatan.Bambang Hidayat

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.