PELUNCURAN BUKU AIPI

16 June 2023 | 1609 hits
peluncuran_buku.jpg

 

MEMBANGUN BANGSA CERDAS

Selasa, 20 Juni 2023

Siaran Pers

Jakarta, 16 Juni 2023.  Peluncuran Buku berjudul "Membangun Bangsa Cerdas" buah karya ilmuwan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) akan dilaksanakan pada Selasa, 20 Juni 2023 pukul 13.00 WIB, secara hibrida dari Auditorium Lantai 2, Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jln. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta.

Acara ini dihelat bersamaan dengan Penyelenggaraan Seminar Internasional hibrida bertajuk "Science Literacy in the Digital Era" kerjasama AIPI, Inter-Academy Partnership (IAP), Association of Academies & Societies of Sciences in Asia (AASSA), Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, dan The Conversation. AIPI telah ditunjuk oleh AASSA dan IAP sebagai tuan rumah penyelenggaraan Seminar Internasional bertemakan Digital Science Communication For the Betterment Of Humankind, di bawah dukungan AASSA Special The Committee on SHARE (Science, Health, Agriculture, Risk, Environment) Communication.

Peluncuran Buku ini diselenggarakan di tengah-tengah perhelatan seminar internasional pada hari pertama dari 2 hari jadwal penyelenggaraan pada:

Hari/Tangga         : Selasa, 20 Juni 2023
Pukul                    : 09.00 – 18.00 WIB
Tempat                 : Auditorium Lantai 2, Gedung Perpustakaan Nasional Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta.

Seminar tersebut juga dapat diikuti decara daring dengan tautan Zoom https://s.id/ScienceLiteracy2023 dan disiarkan pula melalui aplikasi Youtube AIPI mau pun Perpustakaan Nasional RI.

Buku setebal 671 halaman ini merupakan buah kerjasama antara AIPI dan Yayasan Pustaka Obor, tersusun atas 37 judul tulisan berbasiskan keahlian 38 kontributor anggota AIPI yang berasal dari Komisi-komisi: Ilmu Pengetahuan Dasar, Ilmu Rekayasa, Ilmu Kedokteran. Ilmu Sosial dan Kebudayaan.

Terwujudnya buku ini berangkat dari usulan dan dorongan Prof. Emil Salim, ilmuwan dan cendekiawan senior Indonesia, anggota Kehormatan AIPI, yang menggagas dan mengajak para anggota AIPI agar dapat menuliskan buah karya pemikirannya, berkontribusi dalam membangun bangsa yang cerdas.

Frasa “mencerdaskan kehidupan bangsa” sudah tidak asing bagi bangsa Indonesia, karena merupakan bagian dari tujuan kemerdekaan, yang tertuang dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Sepenggal kalimat ini merupakan wujud kesadaran dan pesan penting para pendiri bangsa, bahwa membangun bangsa cerdas merupakan suatu keniscayaan untuk mewujudkan komitmen luhur kemerdekaan. Upaya membangun bangsa yang cerdas, berkaitan dengan pendidikan warga negara, dan oleh karena itu, seluruh komponen bangsa ikut berperan dan bertanggungjawab, terutama para pendidik, ilmuwan dan cendekiawan.

AIPI adalah wadah ilmuwan Indonesia terkemuka, didirikan dengan UU 8/1990 bertujuan untuk memberikankan pendapat, saran, pertimbangan mengenai penguasaan, pengembangan, dan pemanfaatan iptek untuk mencapai tujuan nasional. Dengan mengusung budaya ilmiah unggul, berkomitmen terhadap nilai-nilai keilmuwanan yang menjadi kebajikan, dan sikap hidup asketisisme; para ilmuwan AIPI selanjutnya menuangkan pendapat, saran, dan pandangan solusi terhadap persoalan dan tantangan bangsa. Buah karya pemikiran yang berbasiskan penguasaan bidang keilmuan yang mendalam ini, diharapkan dapat dijadikan mata air jernih gagasan untuk membangun bangsa cerdas. 

Buku ini merupakan bungai rampai serpihan mutiara pemikiran ilmuwan AIPI. Dihimpun berdasarkan bidang keilmuwan di AIPI yaitu:  Ilmu Pengetahuan Dasar (9 judul), Ilmu Rekayasa (3 judul), Ilmu Kedokteran (5 judul), Ilmu Sosial (10 judul) dan Kebudayaan (10 judul).

Judul-judul tulisan itu mengambarkan kedalaman penguasaan keilmuan para penulisnya. Materi tulisan menyajikan wawasan dan gagasan baru, berupa terobosan dan strategi kebijakan yang menekankan pada solusi; dengan ragam tujuan sosial ekonomi (TSE) untuk pertumbuhan ekonomi, kemasyarakatan, lingkungan, pertahanan, dan pemajuan ilmu pengetahuan. Buku ini dapat dibaca tidak secara berurutan per Bab, tetapi dapat dibaca mulai pada Bab-bab yang lebih menarik terlebih dahulu.

Website         :  aipi.or.id  
Instagram     :  aipi_Indonesia
Tweeter         :  AIPI_id
Youtube         : AIPI_Indonesia

Penulis berita:
Sigit Asmara Santa
Biro Administrasi Ilmu Pengetahuan - AIPI
email: aipi.indonesia1990@gmail.com

Hak Cipta © 2014 - 2023 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.