BEDAH BUKU AIPI DAMPAK COVID-19 – SUMBANGAN ILMUWAN AIPI

19 October 2021 | 604 hits
BEDAH_BUKU_COVID19.png

Jakarta, 18 Oktober 2021, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), pada peringatan hari jadinya yang ke 31, tanggal 13 Oktober 2021 lalu, telah resmi meluncurkan buku berjudul “Ragam Perspektif Dampak Covid-19: Sumbangsih Ilmuwan AIPI untuk Bangsa Indonesia”. Buku yang mendokumentasikan pemikiran ilmuwan AIPI dalam memotrek dampak pandemi Covid-19 yang hampir 2 tahun melanda Indonesia.

Sebagai sebuah buku bunga rampai karya para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu ini, tentu perspektif dan pandangan berbasiskan kepakarannya akan sangat kental. Untuk kemudahan pembaca, editor tak pelak harus mengelompokkan buku setebal 532 halaman, terdiri dari 24 Bab ini, kedalam 4 bagian besar bahasan meliputi: Manusia dalam Lingkungan Alam dan Kesehatan; Dampak Covid-19 pada Pembangunan Indonesia; Dampak Covid-19 pada Sistem Hukum dan Politik; dan Dampak Covid-19 pada Kehidupan Sosial – Budaya.

Selanjutnya, buku edisi kedua buah Kerjasama AIPI dan Yayasan Penerbit Obor ini akan didiskusikan, dibedah dan dikritisi secara berseri, untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak antara lain: kalangan cendekiawan, ilmuwan, akademisi, dan kalangan umum, dalam serangkaian 3 jadwal bedah buku dengan topik bahasan berbeda, sebagai berikut:

Hari, tanggal

Pembahas

Judul Bahasan

Rabu, 20 Okt. 2021

13.00 – 15.00 WIB

 

Dr. Ayen B. Tjoa

(Univ. Tadulako)

  • Hidup Bersama Covid-19 

Dr. Hasrullah

(Univ. Hasanuddin)

  • Covid-19 dan Prediksi Hajatan Nasional Pilkada dan Pilpres

Moderator

Dr. Fransisca Widiawati, M.Hum (Unika St. Paulus Ruteng)

Selasa, 9 Nov. 2021

13.00 – 15.00 WIB

 

Dr. Gino Limmo        

(Univ. Pattimura)

  • Riset dan Publikasi Ilmiah pada Era Pandemi Covid-19 

Julius Ary Mollet SE, MBA, MTDev, Ph.D.

(Univ. Cenrawasih)

  • Dampak Covid-19 pada Pembangunan Indonesia

Moderator:

Amalinda Savirani, Ph.D.

(FISIPOL UGM)

 

Selasa, 30 Nov. 2021

13.00 – 15.00 WIB

 

Prof. Adi Utarini, Ph.D. (FKMK-UGM)

  • Kesiapan Menghadapi Pandemi yang Akan Datang

Prof. Hendra Gunawan (KIPD AIPI-ITB)

  • Kesiapan Menghadapi Pandemi yang Akan Datang

Prof. Ahmad Nadjib Burhani (BRIN)

  • New Normal sebagai Momentum 

Moderator:

 

Dr.  Tamrin Amal Tomagola

(KK-AIPI/UI)

 

Acara Bedah Buku pertama akan dilaksanakan pada Rabu, 20 Oktober 2021 jam 13.00-15.00 WIB, seperti tertera dalam flyer di atas. Bedah Buku pertama akan dibuka dan diantar langsung oleh salah satu editor buku, Prof. Dr. M Amin Abdullah. 

Pembaca Budiman, nukilan buku tersebut dapat dilihat melalui tautan https://bit.ly/bukuAIPI2021. Buku edisi cetak lengkap atau pun versi e-Book dapat diperoleh melalui situs Yayasan Penerbit Obor dan juga tersedia di toko on-line. Peserta setiap acara Bedah Buku AIPI-Obor juga berkesempatan memperoleh doorprice 3 buku terbitan Obor dan 3 buah e-Book yang ditentukan melalui undian bagi peserta. Ikuti terus pengumuman di web AIPI.

(Sigit Asmara Santa – Biro Administrasi Ilmu Pengetahuan)

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.