Semua Berita

sidpar-aipi-2015.jpg
Pendiri AIPI, B.J Habibie: Ilmu Pengetahuan akan Memajukan Indonesia
24 May 2015

Jakarta, (BERITA AIPI) - Indonesia lahir dari sebuah gerakan intelektual, yang berakar pada kegelisahan kaum muda dan terpelajar akan bangsanya. Tokoh-tokoh pergerakan seperti Bung Karno, Bung Hatta, dan Sutan Sjahrir merupakan kaum pemikir dan terpelajar. Hasilnya, pada 17 Agustus 1945 kemerdekaan Indonesia diproklamirkan. Ilmu pengetahuan telah m ... (3604 hits)

jokowi-kukuhkan-pendiri-aipi.jpg
Presiden RI Kukuhkan Pendiri Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia
24 May 2015

Jakarta (BERITA AIPI) - Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, diwakili oleh Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Anies Baswedan, mengukuhkan Presiden Indonesia ke-3 Prof. Bacharuddin Jusuf Habibie, Mantan Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (alm.) Prof. Samaun Samadikun, serta Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (alm.) ... (3207 hits)

aipi-kompas.JPG
Sumber Pendanaan Abadi Digagas
22 April 2015

Jakarta, (Kompas.com) - Orientasi riset Indonesia yang memfokuskan pada riset terapan membuat penelitian dasar tersisih. Selama ini, penelitian dasar dianggap tidak mampu menghasilkan produk secara langsung, mahal, dan butuh waktu lama. "Padahal, produk-produk industri yang ada tak mungkin dihasilkan tanpa ada riset dasar," kata Ketua Ak ... (2869 hits)

SemNas_SainsDasar.jpg
Butuh Sinergi Multidisiplin untuk Bangun Kemaritiman RI
20 April 2015

Surabaya, (Republika.co.id) - Pembangunan sektor kemaritiman masih menjadi pekerjaan rumah besar bangsa Indonesia. Menghadapi kondisi tersebut, diperlukan sinergi kaum cendekia lintas disiplin untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat maritim dunia. Begitu kurang lebih intisari gagasan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Indroyono Soesil ... (2925 hits)

foto-indonesia-tuan-rumah-gerhana-matahari-total-2016_1.jpg
Indonesia, Tuan Rumah Gerhana Matahari Total 2016
15 April 2015

Bandung (nationalgeographic.co.id) - Di antara negara-negara lain yang dilintasi, Indonesia menjadi jalur totalitas Gerhana Matahari Total 2016 Pada 9 Maret 2016 mendatang, sekali lagi Indonesia harus menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah dalam menyambut salah satu fenomena alam terakbar di dunia, yaitu Gerhana Matahari Total (GMT). Di antara n ... (3341 hits)

sainsdasar.jpg
Pengembangan Sains Dasar Antar Disiplin
08 April 2015

Surabaya (KIPD-AIPI) - Dalam sejarah perkembangannya, ilmu pengetahuan atau sains sering dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu kelompok ilmu murni dan kelompok ilmu terapan. Kelompok ilmu murni, atau dikenal pula sebagai ilmu dasar atau sains dasar, dikembangkan dengan tujuan utama memperluas cakrawala ilmu pengetahuan tentang alam, melalui pengam ... (4013 hits)

aipi-menkokemaritiman.jpg
Bangun Kemaritiman Harus Seimbang dengan Pengembangan Ilmu
30 March 2015

Jakarta (BERITA AIPI) - Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) mengapresiasi visi Presiden Joko Widodo untuk membawa Indonesia menuju Poros Maritim Dunia. Pembangunan kemaritiman di Indonesia, perlu didukung melalui pengembangan ilmu dasar, ilmu terapan, dan pengembangan sains antar-disiplin. Hal itu diungkapkan oleh pimpinan AIPI, Sa ... (3228 hits)

herawati_sudoyo.jpg
Herawati Sudoyo, Menguak Jasad Teroris hingga Nenek Moyang Orang Madagaskar
11 March 2015

Jakarta (detik.com) - Namanya banyak disebut bila berbicara tentang biologi molekuler. Dari penentuan identitas jasad teroris di depan Kedubes Australia tahun 2004 hingga jejak nenek moyang orang Madagaskar yang ternyata dari Indonesia di tahun 2012. Ada kepakaran Prof Herawati Sudoyo (63) di balik itu, yang juga merupakan Anggota Komisi Ilmu Kedok ... (4893 hits)

ilustrasi-konferensi-tempe.jpg
International Conference on Tempe and Its Related Products
17 February 2015

Yogyakarta (kompas.com) - Konferensi Internasional tentang Tempe atau "International Conference on Tempe and Its Related Products" digelar di Yogyakarta, 15-17 Februari 2015. Ketua Komisi Ilmu Rekayasa AIPI sekaligus koordinator ilmiah konferensi, Profesor FG Winarno, mengatakan dalam acara ini juga akan disampaikan deklarasi tentang &qu ... (3409 hits)

knowledge-sector-sharing-375x200jpg_A395U.jpg
Invitation to Knowledge Sector Sharing
11 February 2015

JAKARTA, KSI-AIPI - Bagaimana proyeksi 100 tahun kemerdekaan Indonesia? Apakah Indonesian Science Agenda bisa menjadi panduan jangka panjang untuk mewujudkan tujuan ideal pendirian bangsa? Pertanyaan-pertanyaan ilmiah mendasar ini merupakan perwujudan mimpi bersama akan Indonesia yang lebih baik dan kegelisahan akademik yang dirasakan para il ... (4168 hits)

Hak Cipta © 2014 - 2024 AIPI. Dilindungi Undang-Undang