Berita

news_pic

Peluncuran The Medical Journal of The Dutch Indies dan Desawarnana

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam bidang sosial, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan, meski usianya sebagai sebuah negara baru menginjak tahun ke-72. 

Buku The Medical Journal of the Dutch Indies dan Desawarnana: Saduran Kakawin Negarakertagama untuk Bacaan Remaja merekam dua masa yang berbeda dalam sejarah Indonesia. Oleh sebab itu, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) berupaya membahas kedua buku tersebut dan menempatkannya dalam konteks yang relevan bagi Indonesia di masa kini, melalui diskusi yang diselenggarakan pada:

Hari/tanggal    : Kamis, 16 November 2017 

Waktu             : 10.00-15.00 WIB 

Tempat           : Auditorium Lt. 2 Perpustakaan Nasional RI 

                         Jalan Medan Merdeka No.11 Jakarta  

 

Narasumber: 

The Medical Journal of the Dutch Indies 

1. Prof. Sjamsuhidajat Ronokusumo (Komisi Ilmu Kedokteran AIPI)

2. Dr. Hans Pols (University of Sydney)

3. Dr. Gani Ahmad Jaelani (Universitas Padjajaran)

4. Ravando Lie, M.A (Universitas Gadjah Mada) 

 

Desawarnana: Saduran Kakawin Negarakertagama untuk Bacaan Remaja 

1. Prof. Mien A. Rivai (Penyadur, Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI) 

2. Prof. Toeti Heraty (Komisi Kebudayaan AIPI) 

3. Prof. Bambang Hidayat (Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI) 

4. Dr. Hasan Djafar (Universitas Indonesia)

 

RSVP: bit.ly/medicaljournal-desawarnana

 

Narahubung: 

Anggrita (081280741074/info@aipi.or.id)

 

 

The Medical Journal of the Dutch Indies 1852-1942. A Platform for Medical Research membahas perkembangan dunia kedokteran pada masa kolonial, saat Indonesia masih bernama Hindia-Belanda. Buku ini menggunakan menggunakan Geneeskundig Tijdschrift voor Nederlandsch-Indië (GTNI) sebagai sumber utama, yaitu jurnal kedokteran tertua di Hindia-Belanda yang terbit terkala sepanjang 1852-1942. Membahas berbagai isu kesehatan di Hindia Belanda, termasuk pola penyebaran penyakit, wabah penyakit berikut pencegahan dan penangannya, hingga perilaku para dokter di masa itu, GTNI merupakan sumber penting bagi penelitian tentang sejarah kedokteran serta sejarah Hindia Belanda. Sebagai contoh, hampir seluruh artikel ilmiah tentang penemuan Vitamin B1 dan defisiensinya berupa penyakit beriberi, dipublikasikan dalam GTNI pada 1890-1927. Penelitian tersebut kemudian mengantarkan Christiaan Eijkman mendapatkan Hadiah Nobel Kedokteran pada 1929. 

Desawarnana: Saduran Kakawin Negarakertagama untuk Bacaan Remaja merupakan saduran dari karya mahsyur Mpu Prapanca yang menggambarkan pola dan corak kehidupan sosial, budaya, serta peradaban masyarakat Jawa abad XIV. Keterangan bergaya jurnalistik tersebut menggambarkan sejarah mengenai kelahiran raja, kehidupan istana, dan mitos-mitos yang dikemas menjadi kesatuan kisah yang menarik. Kakawin ini telah resmi masuk dalam daftar karya Memory of the World yang dikeluarkan UNESCO. Buku ini berupaya membuat kakawin tersebut menjadi lebih mudah dicerna dan dipelajari oleh generasi muda yang sedang mempelajari sejarah. 

 

 

Pembuat Artikel: Anggrita D. Cahyaningtyas