Berita

news_pic

AIPI Dukung Terbentuknya The Conversation Indonesia

Jakarta, 7 September 2017 - Indonesia kini memiliki media baru yang berfokus pada penyebarluasan hasil riset serta analisis mendalam kepada publik. The Conversation Indonesia telah diluncurkan pada Rabu, 6 September 2017 sebagai bagian dari jaringan media nirlaba independen The Conversation yang telah beroperasi di Australia, Inggris, Afrika, Prancis, Amerika Serikat, dan Kanada.

AIPI turut mendukung berdirinya The Conversation Indonesia dengan menjadi tuan rumah bagi redaksi media ini. Misi The Conversation Indonesia untuk menggali hasil penelitian para ilmuwan Indonesia dan menyebarkannya dalam bahasa yang mudah dipahami sungguh sejalan dengan upaya AIPI dalam mendorong budaya ilmiah unggul di Indonesia.

Kami berharap, The Conversation Indonesia dapat menghadirkan ranah baru untuk memperkaya diskusi dalam ruang publik di Indonesia, memperluas cakrawala pengetahuan para pembacanya, dan pada akhirnya menghasilkan masyarakat yang cerdas dan tercerahkan, ujar Ketua AIPI, Sangkot Marzuki.

The Conversation Indonesia berupaya memperkaya khazanah pengetahuan masyarakat dengan mendekatkan penelitian dan sains dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, banyak temuan-temuan para ilmuwan Indonesia yang sangat relevan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat sehingga sangat penting diketahui berbagai kalangan.

Editor The Conversation Indonesia, Prodita Sabarini mengatakan The Conversation Indonesia hadir untuk membantu akademisi dan peneliti Indonesia menceritakan hasil-hasil penelitian mereka serta memberikan analisis mendalam mengenai berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat kepada khalayak luas. Konten di The Conversation ditulis langsung oleh akademisi dan peneliti, setelah melalui proses penyuntingan kolaboratif bersama jurnalis profesional. Artikel yang ditulis bisa berupa publikasi penelitian atau studi yang sedang/telah dikerjakan, ataupun analisis terhadap sebuah masalah yang ditinjau dari sudut keilmuan/kepakaran.

Harapan kami The Conversation dapat mengisi perdebatan publik dengan fakta dan analisis berbasis bukti dan menjadi sumber inspirasi dalam pencarian solusi persoalan-persoalan mendesak yang kita hadapi bersama, ujar Prodita.

Ide The Conversation di Indonesia didukung oleh Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Pattimura. Sementara itu, Yayasan The Conversation Indonesia didirikan oleh tokoh-tokoh terkemuka Indonesia: jurnalis senior Aristides Katoppo, ilmuwan ternama Sangkot Marzuki dan Jatna Supriatna, serta ahli hukum Sri Indrastuti Hadiputranto. Mereka akan memayungi kegiatan The Conversation di Indonesia dan memastikan The Conversation Indonesia bekerja demi kebaikan umum masyarakat Indonesia.

 

Pembuat Artikel: Anggrita D. Cahyaningtyas