BERMAIN DAN BELAJAR SAINS SECARA HIBRIDA: “Sains untuk Anak dan Remaja” 19 Desember 2023

19 December 2023

“Bermain sambil belajar sains itu menyenangkan lho. Kamu bisa membuat percobaan sendiri, dengan alat-alat sederhana yang kamu temui sehari-hari, sekaligus bisa belajar mengerti tentang mengapa hasil percobaannya bisa seperti yang kamu amati. Itulah salah satu cara bermain dan belajar sains. Asyik kan?” ungkap salah satu ahli fisika Indonesia, pada suatu kesempatan memotivasi belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada anak-anak peserta lomba Olimpiade IPA tingkat Sekolah Dasar.

Menanamkan budaya belajar sains sejak dini kepada anak-anak disadari sepenuhnya oleh semua pegiat pendidikan dan bahkan sudah dipahami menjadi tanggung jawab kita semua, terutama untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Pada saat itu, Indonesia memiliki bonus demografi tertinggi. Jumlah penduduk usia produktif nanti pada 2030-2045 mencapai puncaknya, melebihi usia non-produktif. Generasi itu, kini masih berusia anak dan remaja, karena itu kita wajib berkontribusi menyiapkan generasi anak dan remaja menjadi insan-insan yang unggul dalam bersaingan dengan umat manusia bangsa lainnya.

Menyadari hal itu, Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar - Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), bekerjasama dengan pegiat literasi, Perpustakaan Nasional RI, pemerhati pendidikan anak, dan Presiden Dilans Indonesia, akan menyelenggarakan perayaan Sains untuk Anak dan Remaja dengan fokus tema utama Bumi dan Lingkungan. Acara ini bertujuan untuk mempertemukan anak-anak dan remaja, dan komunitas difable, dengan para ahli - ilmuwan dari AIPI, pegiat literasi termasuk dari Perpusnas RI, pemerhati pendidikan anak, dan Presiden Dilans Indonesia. Pada acara perayaan itu, anak-anak dan remaja pecinta sains bisa bertanya apa saja kepada para ahli, terutama yang terkait dengan Bumi dan Lingkungan.

Acara perayaan Sains untuk Anak dan Remaja ini akan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 19 Desember 2023, pukul 08.30 - 12.00 WIB, di Auditorium Lt 2. Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat. Bagi yang tidak dapat hadir bisa mengikuti secara daring melalui tautan aplikasi Zoom https://s.id/SAINS_ANAK_REMAJA, dan acara ini juga disiarkan melalui kanal Aplikasi YouTube dengan tautan https://s.id/YTSAINS_ANAK_REMAJA .

Acara ini diinisiasi oleh Prof. Hendra Gunawan, Anggota Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI, sekaligus pendiri blog anakbertanya.com yang telah berkiprak sejak 2013 mengusung jargon anak bertanya, pakar menjawab. Dalam perayaan Sains untuk Anak dan Remaja ini akan dihelat acaranya seperti ini:

  • Pembacaan buku bergambar Berapa Umur Bumi dan Monster Plastik.
  • Sesi Anak bertanya, Pakar Menjawab.
  • Pertunjukkan dongeng bertema Bumi dan Lingkungan.
  • Peluncuran (simbolis) buku braille Anak Bertanya,
  • Pakar Menjawab.

Siapa saya yang dapat mengikuti acara ini? Tentu saja semua adik-adik murid SD, pelajar SMP dan SLB dari Jabodetabek, beserta para guru dan orang tua siswa. Akan hadir pula beberapa ilmuwan dalam bidang yang terkait dengan Bumi dan Lingkungan, pegiat literasi dan pemerhati pendidikan anak, Komunitas Dilans Indonesia, khususnya para difable, dan Presiden Dilans Indonesia.


Hak Cipta © 2014 - 2024 AIPI. Dilindungi Undang-Undang