DISKUSI PUBLIK DARING: Transformasi Budaya Menuju Indonesia Tangguh 14 Desember 2023

14 December 2023

Membangun karakter bangsa yang tangguh pada intinya menyiapkan bangsa agar mampu berkembang secara inklusif dan progresif, berbasiskan tata nilai kekayaan budaya khas Indonesian, dan adaptif terhadap dinamika perubahan yang sangat cepat. Keragaman dan kekayaan budaya Indonesia sebagai negara kepulauan, semestinya menjadi kekuatan perekat dan kontributor utama, yang memainkan peranan penting dalam membangun karakter budaya bangsa.

Namun, tatangan besar kini sedang menghadang. Terutama di tahun politik dan menjelang diadakan Pemilu 2024. Sudah muncul berbagai isu disparitas yang menuai kegundahan dan kontroversi di ruang publik. Kemerosotan kualitas demokrasi dan kebebasan berekspresi yang ditandai dengan menurunnya indek demokrasi kita, penyalahgunaan kekuasaan yang bernuansa konflik kepentingan, menguatnya pengaruh oligarki yang menggusur hak-hak budaya dan penghidupan masyarakat, mengemuka sangat kentara.

Dalam perspektif ini, Komisi Kebudayaan -  Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) memandang penting untuk menginisiasi perbincangan terbuka ke hadapan publik, dengan mengangkat isu-isu ini dalam kontek budaya. Tema utama yang diangkat adalah memperbincangkan transformasi budaya dalam menyiapkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tangguh untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Mengingat pentingnya menguatkan perspektif budaya dalam mengawal tatakelola kehidupan bermasyarakat di masa kini dan di masa mendatang, maka dalam Seri Diskusi Ke-lima atau yang terakhir tahun 2024 Komisi Kebudayaan AIPI menyelenggarakan diskusi daring bertajuk Transformasi Budaya Menuju Indonesia Tangguh.

Diskusi publik ini akan diselenggarakan secara daring, pada Kamis, 14 Desember 2023, pukul 09.00–11.30 WIB/10.00-12.30 WIT / 11.00-13.30 WIT. Perhelatan Diskusi Publik ini dapat juga diikuti melalui tautan aplikasi Zoom https://s.id/TRANSFORMASI_BUDAYA, dan disiarkan pula melalui kanal Aplikasi YouTube melalui tautan https://s.id/YTTRANSFORMASI_BUDAYA.

Diskusi daring ini bertujuan untuk memperbincangakan persoalan-terkait keberadaan dan keragaman nilai-nilai budaya bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan dalam kerangka membangun karakter bangsa yang tangguh, menghimpun masukan dari berbagai pihak mengenai strategi yang tepat yang diperlukan untuk melakukan transformasi sosial budaya, politik dan ideologi untuk mencapai Indonesia baru yang mampu melampoi sekat-sekat politik identitas dan bebas dari keterkungkungan keserakahan kuasa.

Prof. Daniel Murdiyarso, Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, akan hadir dalam diskusi daring ini dan menyampaikan kata sambutan pembukaan diskusi daring ini, dan Prof. Dr. M. Amin Abdullah, Ketua Komisi Kebudayaan, AIPI akan menutup acara. Keseluruhan rangkaian acara diskusi daring yang terbuka untuk publik ini akan dipandu oleh moderator Prof. Melani Buadianta, Anggota Komisi Kebudayaan, AIPI, seorang Profesor Emiritus FIB-UI, yang tahun 2023 mendapatkan anugerah Sarwono Award pada bidang susastra dari BRIN.

Diskusi Daring ini akan menghadirkan narasumber kompeten. Narasumber pertama Dr. Risa Permanadeli, Direktur Institut Representasi Sosial, Jakarta - berdasarkan hasil riset-riset kondisi psiko sosial terkini masyarakat Indonesia akan membahas dan mendiskusikan tema terkait strategi yang diperlukan untuk mentransformasikan mentalitas dan kebiasaan sehari-hari masyarakat Indonesia agar siap menjadi manusia Indonesia yang bermental rasional, progresif , dan terbuka yang berakar pada budaya bangsa.

Narasumber kedua adalah Prof. Hermin Lola Soselisa, dari Universitas Pattimura, pakar Antropologi Budaya di wilayah kepulauan – berbasiskan penelitian-penelitian antropologi budaya mutakhirnya di wilayah kepulauan Maluku -  akan membahas dan mengajak peserta diskusi daring mendiskusikan soal strategi yang diperlukan untuk menyeimbangkan orientasi budaya politik bangsa yang berpusat pada pendalaman yang Selaras dengan visi kelautan dan kepulauan.

Narasumber ketiga adalah Pdt. Izak Lattu, Ph.D., Kepala Pusat Agama, Pluralisme, Demokrasi, Universitas Satya Wacana, akan membahas strategi dalam mentransformasi masyarakat secara ideologis, yang cenderung berpola agamis dogmatis menjadi masyarakat modern yang kental dengan nilai-nilai spiritual,

Formulasi hasil diskusi akan dijadikan bahan-bahan rekomendasi kebijakan menyangkut transformasi budaya untuk menuju Indonesia tangguh. Disamping itu juga akan digunakan sebagai bahan rujukan policy paper AIPI terutama terkait dengan transformasi budaya menyongsong Indonesia Emas 2045.


Hak Cipta © 2014 - 2024 AIPI. Dilindungi Undang-Undang