Agenda Ilmu Pengetahuan

sains45.png

 

Apa SAINS45-Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia itu?

Lebih dari setengah abad setelah kemerdekaan Indonesia, telah banyak hal yang kita lalui sebagai sebuah bangsa, namun masih banyak tujuan ideal pendirian bangsa ini yang belum tercapai. Menjelang 100 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia, perumusan pertanyaan-pertanyaan ilmiah mendasar mengenai masalah-masalah yang kita hadapi dan mengenai masa depan bangsa kita penting dilakukan. Pertanyaan-pertanyaan ilmiah mendasar ini mencoba meneropong jauh ke masa depan hingga 2045 menuju Indonesia yang adil, makmur, sejahtera, unggul, kompetitif dan disegani dunia. Agenda ini memproyeksikan Indonesia seperti apa yang kita bayangkan dalam 100 tahun kemerdekaannya. Berangkat dari pertanyaan krusial tersebut, kami membahas sains apa yang dibutuhkan oleh Indonesia untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut demi terwujudnya cita-cita Indonesia yang kita inginkan. Agenda ini bisa menjadi salah satu panduan jangka panjang dalam upaya bersama mewujudkan tujuan-tujuan ideal pendirian bangsa ini.

Perumusan pertanyaan-pertanyaan ilmiah mendasar memang dianggap penting dan telah dilakukan di berbagai negara. Jurnal Science pada 2005 misalnya telah menformulasikan 125 pertanyaan penting yang dihadapi para ilmuwan dan masyarakat Amerika Serikat. Akademi Ilmu Pengetahuan Belanda juga telah merumuskan 49 pertanyaan penting yang dihadapi para ilmuwan dan masyarakat di negeri itu.

SAINS45-Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia Menyongsong Satu Abad Kemerdekaan merupakan kumpulan 45 pertanyaan ilmiah yang menggugah rasa ingin tahu dan harapan untuk Indonesia di masa depan. Disusun oleh 17 ilmuwan dari berbagai latar belakang ilmu, SAINS45 menawarkan perspektif berbeda tentang apa itu Indonesia, apa tantangan yang dihadapinya, serta ide-ide untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera dan berdaulat. Edisi Konsultasi SAINS45 telah diluncurkan dalam rangkaian peringatan 25 Tahun AIPI pada Mei 2015.  Buku tersebut kini telah disempurnakan menjadi edisi final serta english edition.

UNDUH (DOWNLOAD) :

  1. versi EDISI FINAL
  2. versi ENGLISH EDITION
Hak Cipta © 2014 - 2023 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.