Diskusi Daring: CERDAS DAN BERKEMBANG DI TENGAH COVID-19

05 November 2021 | 543 hits
BEDAH_BUKU_COVID19_09112021.jpg

 

Jakarta, 5 November 2021. Diskusi daring bertajuk “Cerdas dan Berkembang di Tengah Covid-19” akan diselenggarakan  Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), pada Selasa, 9 November 2021, pukul 13.00-15.00 WIB, terbuka untuk umum dan dapat diikuti oleh berbagai kalangan: cendekiawan, ilmuwan, akademisi, dan masyarakat umum. Pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui tautan https://bit.ly/diskusibukuRPDC  dan link peserta akan diperoleh setelah melakukan pendaftaran. Peserta yang mengikuti diskusi daring ini akan memperoleh sertifikat keikutsertaan secara gratis dan berkesempatan memperoleh beberapa door price berupa terbitan buku dan e-book terbitan Yayasan Pustaka Obor.   

Acara ini dihelat dalam rangka penyebarluasan gagasan pemikiran para ilmuwan terkemuka anggota AIPI yang telah dihimpun dalam bentuk buku berjudul “Ragam Perspektif Dampak Covid-19: Sumbangsih Ilmuwan AIPI untuk Bangsa Indonesia”, dan secara resmi telah diluncurkan pada 13 Oktober 2021 lalu. Buku ini merupakan telaah mendalam sebagai catatan sejarah, yang mendokumentasikan pemikiran ilmuwan AIPI dalam memotret dampak pandemi Covid-19 yang hampir 2 tahun melanda dunia dan Indonesia dengan segala macam dampaknya.  

Bedah buku kali ini akan menyorot dan mendiskusikan 2 aspek penting dari buku setebal 532 halaman, yang terdiri dari 24 Bab ini. Aspek pertama adalah soal dampak “Riset dan Publikasi Ilmiah pada Era Pandemi Covid-19” yang akan dibedah oleh Dr. rer. Nat. Gino Valentino Limmo dari Fakultas Perikanan, Universitas Pattimura. Dosen peneliti yang namanya diabadikan sebagai spesies ikan Schismatogobius limmoni, ikan endemik Sulawesi ini akan membeberkan dan mengungkan kecenderungan dampak riset dan publikasi ilmiah sebagai akibat pandemic Covid-19. Sedangkan aspek kedua, “Dampak Covid-19 pada Pembangunan Indonesia”, akan ditelaah secara kritis oleh Julius Ary Mollet SE, MBA, MTDev, Ph.D., dosen peneliti dari Universitas Cendrawasih. Bertindak sebagai moderator adalah Amalinda Savirani, Ph.D. dosen FISOPOL Universitas Gadjah Mada.

Acara bedah buku daring ini akan diantar langsung oleh Editor Buku Ragam Perspektif Dampak Covid-19: Sumbangsih Ilmuwan AIPI untuk Bangsa Indonesia, Prof. Mayling Oey-Gardiner dan closing remark oleh Prof. M. Amin Abdullah yang juga editor buku ini.

Pembaca Budiman.

Bila anda ingin menengok nukilan buku ini berupa lembaran Judul, Kata Pengantar dan Daftar Isi dapat dilihat melalui tautan https://bit.ly/bukuAIPI2021. Buku edisi cetak lengkap ataupun versi e-Book dapat diperoleh melalui situs Yayasan Penerbit Obor dan juga tersedia di toko on-line. Ikuti terus pengumuman di web AIPI.

(Sigit Asmara Santa – Biro Administrasi Ilmu Pengetahuan)
 

 

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.