Sri Widiyantoro Menerima Penghargaan Sarwono XIII dari LIPI

25 August 2014 | 4302 hits
penghargaansriwidiyantoro.jpg

Jakarta, LIPI (BERITA AIPI) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menganugerahkan Penghargaan Sarwono Prawirohardjo XIII (Sarwono Award XIII) kepada ahli geofisika/seismologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan juga Anggota Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (KIPD-AIPI), Professor Sri Widiyantoro.

Penganugerahan berlangsung dalam acara yang merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 LIPI, berlangsung di Auditorium LIPI, Jakarta, Senin (25/8/2014).

Kepala LIPI Lukman Hakim menuturkan, penghargaan Sarwono Prawirohardjo telah dilaksanakan sejak 2001 sebagai bentuk apresiasi LIPI sebagai lembaga keilmuan yang terbesar dan tertua di Indonesia terhadap prestasi ilmiah serta dedikasi yang telah dicapai oleh para ilmuwan.

Menurut catatan, saat ini Sri Widiyantoro menjabat sebagai Dekan dan Guru Besar Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB. Puluhan makalah ilmiah dan buku tentang geofisika telah dipublikasikannya, baik nasional maupun internasional.

Selain itu, Sri juga meraih banyak penghargaan atas penelitiannya untuk melihat isi dari lempeng bumi melalui getaran yang dihasilkan oleh bumi. Dalam kepakarannya, ahli seismologi itu saat ini menjadi Ketua Umum Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), anggota dari ICSU Regional Office for Asia and the Pacific (ROAP), dan National Correspondent di International Association of Seismology and Physics of the Earth's Interior (IASPEI).

Pada rangkaian perayaan HUT ke-47 LIPI itu, selain penganugerahan Sarwono Award, juga dilangsungkan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) XIV dengan menampilkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal sebagai pembicara. Fasli menyampaikan orasi bertajuk “Bonus Demografi: Tantangan Penelitian untuk Pengabdian dalam Pembangunan Negeri dan Bangsa”.

Menurut Lukman Hakim, penyelenggaraan “Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture” dan “Sarwono Award” merupakan bagian dari tradisi LIPI sebagai lembaga keilmuan yang terkemuka di Indonesia. “Kami berupaya untuk perduli terhadap prestasi ilmiah dan dedikasi anak bangsa dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Dijelaskan, Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) dan Penghargaan Sarwono Prawirohardjo merupakan kegiatan keilmuan LIPI yang diselenggarakan setiap tahun dalam puncak acara HUT LIPI yang jatuh pada 23 Agustus.

Dua kegiatan ini juga merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasa Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo (almarhum) sebagai Bapak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sekaligus Ketua Pertama LIPI.

 

Pewarta : Agus Ibnudin

Editor : Nugraha Dian Putra

Sumber : Pikiran Rakyat

Hak Cipta © 2014 - 2023 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.