SEMINAR HIBRIDA: REVITALISASI ARAH PEMBANGUNAN KEMARITIMAN: INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

15 December 2022 | 810 hits
kipd_18122922.jpg

Siaran Pers AIPI

Jakarta, 15 Desember 2022. Seminar Hibrida dalam rangka memperingat Hari Nusantara pada 13 Desember 2022, bertajuk “Revialisasi Arah Pembangunan Kemaritiman Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”, akan dihelat dari Auditorium Prof. A. Amiruddin, Kampus Universitas Hasanuddin, Tamalanrea, Makassar, pada Sabtu, 17 Desember 2022, pukul 08.30-17.00 WIT. Seminar hibrida ini dapat diikuti langsung di Auditorium Prof. A. Amiruddin, Kampus Universitas Hasanuddin,  Tamalanrea, Makassar. Seminar juga dapat diikuti secara daring melalui Aplikasi Zoom dengan Meeting ID: 83925789222, Passcode: UNHASKU, atau YouTube Universitas Hasanudin.

Seminar buah kerjasama Universitas Hasanuddin dan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) ini dikemas dalam 3 Sesi meliputi Sesi Sambutan oleh Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc -Rektor Universitas Hasanuddin; Sambutan Pembuka oleh Prof. Dr. Ir. Satryo Soemantri Brodjonegoro - Ketua  (AIPI); dan Pembicara Kunci yaitu Jend (Purn) Luhut B. Panjaitan - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Sesi Penyampaian Materi Pertama bertema Indonesia Sebagai Negara Maritim akan dimoderatori  oleh Asmi Citra Malina, PhD - Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, akan memandu jalannya presentasi dengan menghadirkan 4 pembicara yaitu:

  1. Sakti Wahyu Trenggono - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia;
  2. Prof. Drs. Ocky Karna Radjasa, M.Sc., PhD - Kepala Organisasi Riset Kebumian dan Maritim, BRIN;
  3. Prof. Dr. SM Noor, SH., MH - Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin; dan
  4. Dr. Ir. Hasanuddin Atjo, MP -  Pelaku Industri dan Ketua Shrimp Club Indonesia (SCI) Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua.

Sesi Penyampaian Materi Kedua  dengan mengusung tema Keanekaragaman Sumberdaya dan Karakteristik Lingkungan Indonesia, akan dimoderatori oleh Dr. Muh. Rijal Idrus - Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, akan menampilkan 5 orang pembicara:

  1. Prof. Djoko T. Iskandar - Anggota Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia
  2. R. Dwi Susanto, Ph.D - the University of Maryland
  3. Dr. Ir. Shinta Werorilangi, M.Sc. - Universitasa Hasanuddin
  4. Prof. Dr. I Ketut Aria Pria Utama, M.Sc. - Komisi Ilmu Rekayasa, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia
  5. Dr. Sudirman Saad S.H., M.Hum - BP Batam

Sebagai penutup acara Prof. Daniel Murdiyarso, Ketua Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI akan menyampaikan Closing and Concluding Remark. Hasil seminar akan disarikan kedalam rekomendasi yang akan dikirimkan ke semua pemangku kepentingan yang relevan dan didiseminasikan ke perguruan tinggi dan masyarakat.

Acara Seminar Hibrida ini akan diikuti dengan aksi nyata pada hari Minggu 18 Desember 2022 jam 07.00-10.10 WITA di Anjungan Pantai Losari Makassar berupa Kegiatan Aksi Peduli Lingkungan Pesisir.

 (Sigit Asmara Santa – Biro Administrasi Ilmu Pengetahuan)

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.