WEBINAR AIPI: Membendung Dampak Ekonomi-Politik Oligarkhi

27 October 2021 | 947 hits
WEBINAR_KOMISI_KEBUDAYAAN_28102021.jpg

Jakarta, 26 Oktober 2021, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), berdasarkan UU No. 8/1990, diamanahi agar dapat berperan secara efektif mengkaji, memantau, menilai, dan menyusun arah dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penguasaan, pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), dan hasilnya disampaikan kepada pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Karenanya, AIPI berfungsi menghimpun dan mengkaji bahan-bahan yang dipandang perlu; memantau kegiatan pertumbuhan dan perkembangan iptek; melakukan penilaian mengenai perkembangan iptek; menyusun arah penguasaan, pengembangan dan pemanfaatan iptek; serta pemecahankan masalah yang berkaitan; serta upaya yang bersifat mendasar.

Komisi Kebudayaan sebagai salah satu organ dalam AIPI (KK-AIPI) melaksanakan amanat tersebut di bidang kebudayaan, terutama yang terkait dengan masalah-masalah kekinian. Bertolak dari keprihatinan dengan semakin menguatnya konsentrasi kekuasaan dan kekayaan di tangan segelintir Oligarkhi Indonesia akhir-akhir ini, Komisi Kebudayaan AIPI akan menyelenggarakan Webinar bertajuk Membendung Dampak Ekonomi-Politik Oligarkhi yang akan diselenggarakan pada:

Hari /tanggal

:  

Kamis, 28 Oktober 2021

Pukul

:  

09.00-12.00 WIB

Narasumber 

:  

  1. Dr. Airlangga Pribadi (UNAIR)

 

  

  1. Asfinawati (YLBHI)
  2. Prof. Dr. Azyumardi Azra (KK-AIPI)

Perangkum

:  

  1. Prof. Dr. Musdah Mulia (KK-AIPI)
  2. Prof. Dr. Noorhaidi Hasan (KK-AIPI)

Moderator

:  

Dr. Tamrim A. Tomagola (KK-AIPI)

Zoom Webinar

:

829 6476 8917 dengan passcode: kk-aipi

 

Acara Webinar akan dibuka dan diantar langsung oleh Ketua AIPI, Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro, dan juga ditayangkan You Tube melalui tautan https://bit.ly/kkaipi. Webinar diharapkan akan diikuti oleh berbagai kalangan yang mewakili akademisi, pengambil kebijakan dan masyarakat luas yang memiliki minat dalam kehidupan politik.

Para narasumber akan membahas 3 komponen permasalahan utama oligarkhi, yaitu:

  1. Dampak generasional pelumpuhan institusional Partai Politik dan DPR RI oleh oligarkhi varian Delta-Plus akan disampaikan oleh  Dr. Airlangga Pribadi;
  2. Dampak oligarkhi varian Delta-Plus dalam pengurasan sumberdaya alam, pengrusakan lingkunan hidup dan pemiskinan rakyat oleh Asfinawati; dan
  3. Dampak oligarkhi varian Delta-Plus terhadap proses-proses demokrasi saat ini dan di Masa Depan akan dibeberkan oleh  Prof. Azyumardi Azra.

Pembaca Budiman, dengan penyelenggaraan Webinar AIPI ini berharap akan dapat mencerahi publik antara lain tentang seluk-beluk oligarkhi baik secara konseptual maupun wujud empiriknya; skala rentangan jaringan ekonomi-politik oligarkhi varian  Delta-Plus; dan mampu merumuskan usulkan berbagai ikhtiar dalam mengendalikan dampak parasitik oligarkhi baik    secara institusional  melalui sistem, mekanisme dan proses-proses demokratis.

Pembaca Yang Budiman. Ikuti terus rangkaian acara-acara webinar aktual yang diselenggarakan oleh AIPI.

 

(Sigit Asmara Santa – Biro Administrasi Ilmu Pengetahuan)

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.