DISKUSI DARING 3 DAMPAK COVID-19 Berbasis Buku AIPI: Ragam Perspektif Dampak Covid-19

26 November 2021 | 565 hits
BEDAH_BUKU_COVID19_BB3.png

Jakarta, 25 November 2021. 

Diskusi Daring ke 3 membahas dampak Covid-19, bertitik-tolak buku AIPI berjudul “Ragam Perspektif Dampak Covid-19: Sumbangan Ilmuwan AIPI untuk Bangsa Indonesia”, akan digelar oleh AIPI pada Selasa, 30 November 2021, pukul 13.00-15.00 WIB. Diskusi ini terbuka untuk umum, dapat diikuti pula oleh berbagai kalangan: cendekiawan, ilmuwan, akademisi, para mahasiswa, dan publik umum.

Untuk mengikuti acara diskusi ini, peserta cukup mendaftarkan diri mengisi data pribadi melalui tautan https://bit.ly/diskusibukuRPDC3 dan selanjutnya peserta mendapatkan tautannya. Dalam diskusi interaktif ini, peserta dapat mengkritisi, menyampaikan gagasan, dan bahkan memberikan usulan untuk pernyempurnaan buku hasil pemikiran ilmuwan AIPI ini, yang berupa dokumentasi telaah pengamatan dampak pandemik Covid-19 yang dibukukan AIPI bekerjasama dengan Yayasan Pustaka Obor.

Mengapa acara bedah buku AIPI “Ragam Perspektif Dampak Covid-19: Sumbangan Ilmuwan AIPI untuk Bangsa Indonesia” ini sampai 3 kali diselenggarakan? Sudah tentu dapat dipahami bahwa hal itu mencerminkan luas dan beragamnya cakupan pemikiran ilmuwan AIPI yang memotret dampak pandemi yang telah 2 tahun melanda bangsa Indonesia dari berbagai segi. Buku setebal setebal 532 halaman, tersusun menjadi 24 Bab ini, dikelompokkan dalam 5 bagian besar bahasan meliputi: (1) Manusia dalam Lingkungan Alam dan Kesehatan; (2) Dampak Covid-19 pada Pembangunan Indonesia; (3) Dampak Covid-19 pada Sistem Hukum dan Politik; dan (5) Dampak Covid-19 pada Kehidupan Sosial – Budaya.  Jelaslah tidak mungkin dibahas hanya dalam satu kali pertemuan diskusi selama 2 - 3 jam dengan setiap kali bedah buku menghadirkan 2-3 orang pembahas ahli.

Perhelatan bedah buku 30 November nanti akan menghadirkan 3 orang pakar: seorang profesor matematika, seorang, guru besar kesehatan masyarakat dan profesor riset sosial dan budaya yang akan yang akan menyampaikan telaah mendalam berdasarkan keahliannya.

Prof. Hendra Gunawan guru besar matematika ITB sejak 2006 yang juga anggota Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI (KIPD-AIPI) akan menyampaikan bahasan bertajuk “Kesiapan Menghadapi Pandemi yang Akan Datang”. Dosen peneliti yang sangat produktif menuliskan karya ilmiahnya di jurnal international bereputasi ini, dan juga penerima Habibie Award 2016 untuk kategori Ilmu Dasar. Prof. Hendra dikenal sebagai ilmuwan matenatika murni yang getol turun gunung mengelola beberapa blog berbagai aktivitas dalam menjawab rasa ingin tahu anak-anak tentang ilmu pengetahuan.

Pembedah buku kedua adalah Prof. Adi Utarini, dari Fakultas Kesehatan Masyarakat  dan Keperawatan – UGM. Prof Uut, begitu panggilan akrabnya, akan menyampaikan paparannya bertema “Membangun Masyarakat Bijak dan Sehat Bersama”. Peneliti nyamuk dari UGM ini pada 2021 masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi Majalah TIME.  Prof. Uut bersama timnya telah lebih dari 10 tahun meneliti bakteri Wolbachia yang terbukti mampu menghambat penularan kasus demam berdarah.

Tema “New Normal sebagai Momentum” akan didiskusikan oleh pembahas ketiga Prof. A. Nadjib Burhani dari Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya BRIN, yang dikenal sebagai ilmuwan muda dan juga kolumnis sosial-budaya tulisannya banyak tersebar diberbagai media.

Bertindak sebagai moderator adalah Dr. Thamrin Amal Thomagola yang dikenal sebagai sosiolog senior dan juga sebagai anggota Komisi Kebudayaan AIPI (KK-AIPI). Acara bedah buku secara daring ini akan diantar langsung oleh Editor Buku “Ragam Perspektif Dampak Covid-19: Sumbangsih Ilmuwan AIPI untuk Bangsa Indonesia”, Prof. M. Amin Abdullah dan penyampaian closing remark oleh Prof. Mayling Oey-Gardiner yang juga editor buku ini.

Pembaca Budiman.

Peserta yang mendaftarkan diri mengikuti diskusi daring ini akan memperoleh sertifikat keikutsertaan secara gratis dan berkesempatan memperoleh beberapa door price berupa terbitan buku atau e-book terbitan Yayasan Pustaka Obor.   

Nukilan buku ini yang berupa lembaran: Judul, Kata Pengantar dan Daftar Isi dapat dilihat melalui tautan https://bit.ly/bukuAIPI2021. Buku edisi cetak lengkap ataupun versi e-Book dapat diperoleh melalui situs Yayasan Penerbit Obor dan juga tersedia di toko on-line. Ikuti terus aktivitas AIPI melalui di web aipi.or.id  atau sosial media AIPI.

(Sigit Asmara Santa – Biro Administrasi Ilmu Pengetahuan)

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.