Diskusi Daring AIPI “Membangun Ekonomi & Bisnis yang Maju dan Inklusif”

03 September 2021 | 234 hits
WEBINAR_08SEP2021.jpg

Siaran Pers
Nomor: 19/SP/BIP/IX/2021

 

Jakarta, 3 September 2021. Inilah rangkaian Diskusi Daring Berseri “Transformasi Digital Menyongsong Super Smart Society 5.0 pada Indonesia Emas 2045” sebagai sebagai diskusi penutup, berfokus pada tema “Membangun Ekonomi dan Bisnis yang Maju dan Inklusif di Era Indonesia Emas“ dengan mengundang seorang Pembicara Kunci dan 4 orang narasumber ahli.   

Kembali AIPI mempersembahkan diskusi ilmiah lanjutan seri ke 3 ini yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal             :  Rabu, 8 September 2021
Waktu                         :  09.00 - 12.00 WIB
Diskusi Daring          :  Webiner dengan aplikasi virtual seminar.

Link Pendaftaran       :  https://bit.ly/TRANSFORMASIDIGITALAIPI3

Link peserta diinformasikan saat selesai mengisi borang pendaftaran

Sebagai Pembicara Kunci, AIPI menampilkan Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana, Guru Besar FE UNPAD, anggota AIPI yang sekarang sedang bertugas sebagai Executive Secretary Economic and Social Commission for Asia and the Pasific, organisasi langsung di bawah Sekretaris Jenderal PBB, bermarkas di Bangkok. 

Sementara itu, Ketua AIPI - Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro – akan membuka acara diskusi dan menyampaikan pengantar umum, target akhir luaran diskusi dan selanjutnya membuka diskusi ilmiah ini. Bertindak sebagai moderator adalah Prof. Dr. Syarif Hidayat, professor riset LIPI dan juga anggota AIPI.

Diskusi daring ini diselenggarakan dengan mengundang 4 narasumber ahli berasal dari lingkungan AIPI, kalangan akademisi dan praktisi bisnis digital. Narasumber pertama, Prof. Dr. Sri Adiningsih, Guru Besar FEB UGM dan anggota AIPI, akan mengupas Ekonomi Digital, bagaimana kecenderungan perkembangan ekonomi digital hingga 2045, apa saja yang perlu disiapkan agar digitalisasi membawa kemajuan dan membawa kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Pamitra Wineka, M.Si., CEO TaniHub Group, sebagai narasumber kedua, akan menguraikan pengalaman Bisnis di Era Digital dengan membahas transformasi bisnis pada era digital agar bisnis bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat. Selanjutnya Prof. Mayling Oey-Gardiner, Guru Besar Emeritus FEB UI dan Ketua Komisi Ilmu Sosial (KIS) AIPI yang tetap aktif mengajar dan meneliti ini, sebagai narasumber ketiga akan berbicara soal Ketenagakerjaan dan SDM. Profesor demografi ini akan  mengupas pengaruh digitalisasi pada ketenagakerjaan dan apa antisipasi yang perlu dilakukan agar digitalisasi membawa kesejahteraan bagi semua.

Aspek penting lain, Social Safety Nets, akan didiskusikan bersama narasumber keempat, Elan Satriawan. Ph.D, Chief of Policy Working Group at The National Team for the Acceleration of Poverty Reduction/TNP2K, yang juga pengajar FEB UGM ini akan membeberkan model social safety nets yang diperlukan agar perkembangan digitalisasi yang menyebabkan banyak masyarakat tersisih dan makin berkembangnya gigs (pekerja lepas) dapat memberikan proteksi yang diperlukan.

Pembaca Budiman. Untuk dapat mengikuti diskusi daring interaktif dan terbuka untuk publik ini, para peserta dapat mendaftarkan diri dengan mengisi boring dan selanjutnya  memperoleh tautan acara diskusi daring. Seluruh rangkaian acara seminar daring direkam dan juga dapat diikuti melalui aplikasi you tube di tautan  https://bit.ly/YoutubeAIPI dan dapat mengikuti melalui sosial media AIPI untuk informasi lainnya di https://linktr.ee/aipi_indonesia.

Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan melalui e-mail: aipi.indonesia1990@gmail.com.

(Sigit Asmara Santa- Biro Ilmu Pengetahuan AIPI)

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.