DISKUSI BUKU: JALAN SUNYI MENUJU ILMUWAN

15 December 2022 | 958 hits
DISKUSIBUKU17122022.jpg

Siaran Pers AIPI

Jakarta, 14 Desember 2022.

Bila anda ingin menjadi ilmuwan sejati, tirulah Terry Mart – orang Indonesia asli – yang berani menempuh jalan kesunyian menggapai cita-cita. Berprofesi menjadi peneliti tulen memang jauh dari ingar bingar panggung dunia, tak banyak dikenal publik, paling dikenang dan disegani oleh para mantan mahasiswanya, atau kolega dan sejawat peneliti bidang keilmuan yang sama, dari belahan dunia mana pun. Para koleganya pun juga bekerja di bilik-bilik kesunyian, namun riuh rendah dalam pergumulan pemikiran.

Itulah pelajaran terpenting yang dapat diambil dari kisah ilmuwan fisika teoritik Indonesia, Prof. Terry Mart, Guru Besar Fisika UI yang juga anggota Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI. Terry menuliskan kisah perjalanannya selama 35 tahun menekuni penelitian Partikel Kaon, dari sejak masa perkuliahan kemudian berkelana ke Jerman, Amerika, Jepang, dan berbagai negeri lainnya, yang kemudian dituangkan dalam buku “Jalan Sunyi Menuju Ilmuwan – Catatan 35 Tahun Meneliti Partikel Kaon”, tersusun dalam 19 Bab setebal 202 halaman.

Kisah lengkapnya dapat diikuti dalam acara Diskusi Buku “Jalan Sunyi Menuju Ilmuwan” yang dihelat oleh FMIPA UNHAS bekerjasama dengan AIPI, UI, UNHAS, dan BRIN. Acara diskusi buku diselenggarakan secara Hibrida pada Jumát 16 Desember 2022, pukul 15.40 – 17.40 (WITA) atau 14.40 – 16.40 (WIB) dari Lecture Theatre 2 (Lantai 2) FMIPA UNHAS dan dapat diikuti secara daring melalui tautan aplikasi Zoom dengan ID: 973 5007 7690 dan password: 362459.

Perhelatan acara Diskusi Buku ini akan dibuka oleh Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, Rektor Universitas Hasanuddin yang juga anggota Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI, diikuti dengan sambutan Dr. Laksana Tri Handoko, Kepala BRIN, dan Dr. Eng. Amiruddin, Dekan FMIPA UNHAS. Penulis buku ini, Prof. Terry Mart akan mengantarkan materi pemantik kepada peserta, untuk didiskusikan lebih lanjut.

Sebagai pembahas akan menampilkan Suharyo Sumowidagdo, Ph.D., Peneliti Senior Puslit Fisiska Kuantum, BRIN; dan Tasrief Surungan, Ph.D., Profesor Fisika Teoritik UNHAS. Bertindak sebagai moderator adalah Dr. Khaeruddin, Wakil Dekan I FMIPA UNHAS.

Pembaca Budiman. Ikuti terus kegiatan-kegiatan ilmiah diselanggarakan oleh AIPI dan atau kerjasama dengan lembaga lainnya melalui sosial media AIPI ; dan pada acara diskusi buku ini melalui https://sci.unhas.ac.id  dan sosial media fmipaunhas.

Informasi lebih lanjut siaran pers ini dapat pula ditanyakan ke e-mail AIPI melalui aipi.indonesia1990@gmail.com.

(Sigit Asmara Santa – Biro Administrasi Ilmu Pengetahuan)

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.