Seri Webinar S20 Keempat: MEMBANGUN ARSITEKTUR KESEHATAN GLOBAL DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL

18 April 2022 | 3657 hits
S20_WEB.jpg

Siaran Pers AIPI

Jakarta, 17 April 2022, Rangkaian kegiatan Webinar Science20 (S20) dalam rangka mendukung KTT G20 telah digelar sejak peluncuran Science20 Desember 2021 lalu. Kali keempat seri Webinar ini, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) sebagai pemangku dan penanggungjawab keketuaan Science20, akan menyelengarakan Seminar Daring dengan mengusung tema “Guarantee People at The Centre: Building Global Health Architecture in Digital Transformation Era”. Seminar Daring menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris ini, akan dihelat pada Rabu, 20 April 2022; pukul 14.00 – 16.30 WIB. Webinar terbuka untuk kalangan ilmuwan, peneliti, pengambil kebijakan, dosen, mahasiswa dan publik luas ini, dapat diikuti melalui tautan https://bit.ly/S20WebinarAttendee, https://youtu.be/SkK_HoFZJeE  atau sosial media AIPI.

S20, sebagai salah satu kelompok keterlibatan (Engagement Group) dalam G20, menekankan isu-isu prioritas dengan memperjuangkan kebutuhan masyarakat internasional berupa rencana-rencana aksi nyata dalam kerangka ikut menopang pencapaian tiga pilar utama G20 yang diusung Indonesia dalam keketuaan G20 2022 ini. Ketiga pilar utama tersebut adalah: Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Ekonomi Digital, dan Transisi Energi Berkelanjutan, untuk mendorong dan mensukseskan tema besar yang diusung dalam taglineRecover Together Recover Stronger”.

Pertimbangan dampak sosial budaya bagi masyarakat Indonesia dan dunia pada umumnya, menjadi titik tolak perhatian utama dalam semua aspek rencana aksi nyata yang akan dikonsensuskan itu.  Karenaya, Webinar S20 ini digelar dengan tujuan utama adalah; (1) meningkatkan kesadaran bahwa kepentingan manusia harus menjadi pusat perhatian dalam rangka mitigasi  dampak perubahan iklim dalam Arsitektur Kesehatan Global secara keseluruhan; (2) menekankan pentingnya penguatan Transformasi Ekonomi Digital melalui integrasi dan kolaborasi dengan Working Group dan Engagement Group G20 lainnya; dan (3) meningkatkan kesiapsiagaan dan ketangguhan di bidang kesehatan dan ekonomi digital dalam menanggulangi dampak pandemik.

Webinar akan menghadirkan Pembicara Kunci:

  1. H.E. Johnny G. Plate – Menteri Komunikasi dan Informatika RI
  2. Dr. Tawfik Jelassi - Assistant Director-General for Communication & Information of UNESCO
  3. Prof. Narinder K. Mehra - Vice President, International Affairs, of Indian National Science Academy (INSA)

 

Dalam sesi Diskusi Panel 1 bertema Building Global Health Architecture akan dipandu oleh Dr. Bachti Alisjahbana – Komisi Ilmu Kedokteran AIPI/FK - Universitas Padjajaran, akan menghadirkan penelist:

  1. Dr. Kunta Wibawa Dasa Nugraha - Chair of Health Working Group G20/ Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, RI
  2. Prof. Jan C.  Semenza - Lateral Public Health Consulting, Stockholm, Sweden
  3. Dr. Yanuar Nugroho – Anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI)/STF Dryarkara
  4. Dr. Yodi Mahendradhata – Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan-UGM/ Task Force 1 of S20
  5. Dr. Neni Nuraini - PT. Bio Farma - Project Senior Integration Manager, Research and Development Division/ Honourable Fellow of Indonesian Academy of Young Scientists (ALMI).

Sedangkan dalam sesi Diskusi Panel 2 bertajuk Digital Transformation, akan dipandu oleh Dr. Ashwin Sasongko Sastrosubroto - Indonesian National Council of ICT/ Telcom University, dengan menghadirkan panelist:

  1. Mira Tayyiba, MSc. - Chair of Digital Economy WG G20/ Sekretaris Jenderal Mementerian Komunikasi dan Informatika
  2. Shita Laksmi, MSc. - Executive Director of Tifa Foundation
  3. Dr. Rizal Affandi Lukman - Indonesia Sherpa for Business20
  4. Prof. Sri Adiningsih – Anggota Komisi Ilmu Sosial AIPI/Universitas Gadjahmada
  5. Marielza Oliveira, PhD - Director for Partnerships and Operational Programme Monitoring Communications and Information Sector, UNESCO
  6. Dr. Evi Eliyanah - Anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI)/Director of International Relation Office of UN Malang

Rangkaian Webinar ini akan dibuka langsung oleh Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro dan Pengantar Pembuka Webinar oleh Prof. Mayling Oey-Gardiner, Ph.D.

Luaran yang diharapkan dari kegiatan Webinar S20 ini adalah sebuah dokumen yang menghimpun rekomendasi pemikiran rencana-rencana aksi nyata program peningkatan kesadaran manusia sebagai pusat perhatiannya dalam proses mitigasi perubahan iklim. Aksi-aksi tersebut ter bingkai dalam bangunan Arsitektur Kesehatan Global, dengan menekankan akan pentingnya penguatan Transformasi Ekonomi Digital, melalui integrasi dan kolaborasi kemitraan dengan Working Group dan Engagement Group G20 lainnya, serta meningkatkan kesiapsiagaan dan ketangguhan di bidang kesehatan dan ekonomi digital dalam menanggulangi dampak pandemik Covid-19.

Pembaca Budiman. Silakan mengikuti acara ini melalui aplikasi Zoom, YouTube dan media sosial AIPI. 

(Sigit Asmara Santa – Biro Administrasi Ilmu Pengetahuan)

Hak Cipta © 2014 - 2023 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.