Pandemi itu Nyata, begitu pula Krisis Iklim

05 November 2020 | 2025 hits
pandemi.jpg

Diskusi Publik

Senin, 9 November 2020

LIVE di youtube.com/conversationidn/live

Pendaftaran: http://bit.do/talkshowAIPI


Pandemi COVID-19, yang hingga hari ini menelan lebih dari 1 juta korban jiwa sedunia, membuktikan betapa erat dan terhubungnya kehidupan manusia, sehingga satu penyakit yang muncul di suatu wilayah dapat menjangkiti wilayah lain bahkan melintasi batas negara. Semua manusia menghadapi penyakit dan terancam virus yang sama.

Pandemi COVID-19 juga menunjukkan hubungan erat antara lingkungan hidup dengan kesehatan manusia. Studi menunjukkan kaitan jelas antara berubah fungsinya habitat alami berbagai flora dan fauna liar dengan munculnya penyakit zoonosis baru.

Terdapat benang merah antara pandemi COVID-19 dengan krisis iklim. Selain sama-sama mengancam kehidupan seluruh manusia, keduanya merupakan dampak dari kerusakan lingkungan.

Belum banyak yang sadar akan benang merah ini. Bahkan masih banyak orang yang terang-terangan tidak percaya krisis iklim sedang terjadi. Mungkin karena dampaknya yang tidak seinstan corona virus terhadap kehidupan manusia. Yang jelas, jenis-jenis kehidupan lain merasakannya, seperti biota laut yang kehilangan habitat mereka, terumbu karang, yang memutih akibat suhu laut yang meningkat, dan orangutan yang kesulitan bernafas akibat kebakaran hutan yang menghancurkan tempat tinggal mereka. 

Kita perlu menerapkan konsep / pendekatan One Health, yaitu pendekatan yang mengedepankan kolaborasi antar multisektor untuk mencapai kesehatan manusia, satwa, dan lingkungan.

Dalam memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2020, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia bekerjasama dengan the Conversation Indonesia akan menyelenggarakan diskusi publik untuk membahas bagaimana jaring kehidupan di bumi saling terkait, dampak perusakan lingkungan terhadap keseimbangan alam dan kesehatan manusia, dan apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah bencana yang lebih besar.

Pembicara
Jatna Supriatna                                   Sofia Mubarika
Daniel Murdiyarso                              Tiza Mafira         

Host
Prodita Sabarini

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.