AIPI dan Universitas Padjadjaran Persiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Masa Depan

05 September 2018 | 12164 hits
aipi_unpad.jpg

Bandung, 4 September 2018- Dunia kini mengalami kemajuan pesat dalam teknologi informasi dan komunikasi. Bagi dunia pendidikan, kemajuan ini membuat pengetahuan semakin mudah tersebar luas karena dapat dipelajari siapa saja dan di manapun. Namun, pada saat yang bersamaan teknologi secara perlahan mulai menggantikan tenaga manusia. Lapangan pekerjaan pun terkesan semakin sempit seiring meningkatnya kompetisi. Peran dunia pendidikan, terutama perguruan tinggi semakin diperlukan sebagai wadah menumbuhkan inovasi melalui berbagai riset untuk menjawab kebutuhan pembangunan.

Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Seminar Nasional “Kesiapan Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Disrupsi dan Globalisasi” pada Selasa, 4 September 2018 di Universitas Padjadjaran Training Center, Bandung. Seminar ini menyoroti berbagai isu seputar era disrupsi teknologi informasi dan komunikasi yang mempengaruhi perilaku masyarakat, bisnis, maupun pendidikan. Sekitar sepertiga penduduk Indonesia merupakan kaum muda, kita juga memiliki 92 juta pengguna aktif telepon genggam, dan sekitar 35 juta pengguna aktif media sosial. Hal ini merupakan potensi sekaligus tantangan yang perlu diantisipasi menyongsong era disrupsi.  

Indonesia perlu menyiapkan SDM yang responsif terhadap kebutuhan pasar kerja di masa mendatang. Untuk itu, Komisi Ilmu Sosial AIPI dan Center of Sustainable Development Goals Studies (SDGs Center), sebagai panitia pelaksana seminar ini, berupaya memperdalam isu dan mengantisipasi era disrupsi yang terjadi. Sebagai wadah ilmuwan terkemuka Indonesia, AIPI bertugas merumuskan cara terbaik agar Indonesia siap menghadapi tantangan masa depan. “Namun kami tidak mungkin bekerja sendirian, tapi harus mengerahkan seluruh sumber daya intelektual untuk menyusun masukan yang komprehensif bagi kebijakan, untuk Indonesia yang kita cintai,” ujar Ketua AIPI Prof. Satryo S. Brodjonegoro, Selasa, 4 September 2018. Lebih jauh ia menyebut bahwa SDG Center Universitas Padjadjaran merupakan mitra yang sangat strategis untuk mencapai tujuan ini.

Senada, Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono berharap diskusi seperti ini dapat dilaksanakan di berbagai perguruan tinggi lainnya. Menurut dia, kekuatan akademik yang dimiliki perguruan tinggi bisa menjadi modal untuk mempercepat pembangunan Indonesia menjadi bangsa yang maju. “Kekuatan bangsa ini ada di sumber daya manusianya, ada di tangan masyarakat luas. Dunia akademik bertugas memperkuatnya,” katanya. Untuk itu, perguruan tinggi maupun lembaga riset di Indonesia harus mempererat kerja sama baik dengan sesama institusi dalam negeri maupun mancanegara. Menurutnya, setiap perguran tinggi dan lembaga penelitian memiliki kekuatan dan dapat saling melengkapi. Oleh sebab itu, kerja sama antara institusi dalam negeri juga harus dipererat seperti halnya kerja sama internasional. “Tapi tentu perlu ada yang memimpin upaya ini. AIPI memiliki reputasi akademik untuk menyampaikan ini ke berbagai perguruan tinggi dan lembaga penelitian,” katanya.

 

Seminar Kesiapan Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Disrupsi dan Globalisasi” menghadirkan para ahli yang akan mengisi dua sesi, yaitu:

Tantangan Pendidikan Tinggi Masa Depan

  1. Prof. Dr. Emil Salim–AIPI (Tantangan dan Peluang Era Disrupsi dan Globalisasi bagi Perekonomian Indonesia)
  2. Prof. Dr. Bambang Hidayat– AIPI (Peran Sains di Era Disrupsi dan Globalisasi)
  3. Dr. Mangadar Situmorang–Rektor Universitas Parahyangan
  4. Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi–Dewan Profesor UNPAD

Pendidikan Tinggi dan Pasar Kerja di Era Global

  1. Bpk. Bruce Delteil—McKinsey Indonesia (Pekerjaan di Masa Depan)
  2. Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana-AIPI, SDGs Center UNPAD (Mismatch Pendidikan dan Pekerjaan bagi Kaum Muda Indonesia)
  3. Prof. Dr. Toety Heraty Noerhadi–AIPI (Budaya Manusia Indonesia di Era Disrupsi dan Globalisasi)
  4. Prof. Paulin Panen–Kemenristekdikti (Mempersiapkan SDM Indonesia di Era Industri 4.0)

    Unduh materi Seminar Nasional “Kesiapan Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Disrupsi dan Globalisasi”

 

Pembuat Artikel: Anggrita D. Cahyaningtyas

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.