Diskusi Daring AIPI: Menyiapkan Insan Indonesia Maju, Berjati Diri Bangsa Indonesia, untuk Menyongsong Era Indonesia Emas 2045”

19 August 2021 | 464 hits
WEBINAR_24AGST2021.jpg

Siaran Pers
Nomor: 15/SP/BIP/VIII/2021

 

Jakarta AIPI, 19 Agustus 2021, Melanjutkan Diskusi Daring bertema “Transformasi Digital Menyongsong Super Smart Society 5.0 pada Indonesia Emas 2045” yang telah terselenggara 5 Agustus lalu, AIPI kembali mempersembahkan diskusi ilmiah lanjutan seri kedua berfokus pada “Strategi Pengembangan Manusia yang Maju, Tetap Berjati Diri Bangsa Indonesia”. Rumusan profil manusia Indonesia pasca 100 tahun kemerdekaan yang tetap berjati diri bangsa Indonesia, akan diperbincangkan mendalam dari berbagai aspek, dari sisi kemanusiaan, sosial dan budaya,  hingga kesiapan hokum dan regulasi yg dibutuhkan.

Diskusi daring seri kedua yang diinisiasi oleh Komisi Ilmu Sosial (KIS) AIPI ini akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal        :   Selasa, 24 Agustus 2021
Waktu                   :   09.00 - 12.00 WIB
Diskusi Daring    :   Webiner dengan aplikasi virtual seminar
                                    Link diinformasikan saat selesai mengisi borang pendaftaran

Ketua AIPI - Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro – akan membuka acara diskusi dan menyampaikan pengantar umum dan harapan luaran diskusi daring ini. Sebagai Pembicara Kunci, AIPI menghadirkan Nadiem A. Makarim - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. 

Diskusi daring diselenggarakan dengan mengundang 5 narasumber berasal dari lingkungan AIPI, kalangan akademisi dan cendekiawan Indonesia, dan akan dimoderatori oleh Prof. Dr. Ramlan Surbakti Guru Besar UNAIR dan anggota AIPI. Prof. Dr. Ahmad Najib Burhani, M.A, ilmuwan LIPI dan anggota ALMI – membahas aspek peran agama dalam menjaga manusia agar tetap harmoni dalam gelombang kemajuan perkembangan teknologi digital; Prof. Harkristuti Harkrisnowo, Guru Besar FH UI dan anggota AIPI – mengulas kesiapan aspek hukum dan regulasi untuk mendukung jati diri bangsa tetap terjaga; Dr. Roby Muhamad, anggota ALMI – akan menyampaikan fokus bahasan penyiapan generasi muda dalam Menyongsong Super Smart Society 5.0 di Indonesia Emas 2045.

Selanjutnya Dr. Imam. B. Prasodjo, sosiolog UI, pendiri Yayasan Nurani Dunia, dan dikenal sebagai peggerak berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan – akan menyampaikan dampak sosial politik akibat disrupsi digital pada segala aspek kehidupan masyarakat; dan Dr. Yudi Latif, cendekiawan Indonesia dan anggota AIPI – akan menyampaikan fokus bahasan dampak budaya pengaruh kemajuan digitalisasi dan langkah-langkah pokok untuk tetap dapat menjaga agar masyarakat Indonesia berjati diri bangsa Indonesia.

Untuk dapat mengikuti diskusi daring interaktif dan terbuka untuk publik ini, para peserta dapat mendaftar melalui tautan https://bit.ly/TRANSFORMASIDIGITALAIPI2. Seluruh rangkaian acara seminar daring direkam dan juga dapat diikuti melalui aplikasi you tube di tautan https://bit.ly/YoutubeAIPI dan dapat mengikuti melalui sosial media aipi untuk informasi lainnya di https://linktr.ee/aipi_indonesia.

Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan melalui e-mail: aipi.indonesia1990@gmail.com.

  • Website:  aipi.or.id   
  • Instagram:  aipi_Indonesia 
  • Tweeter: AIPI_id 
  • Youtube:  AIPI_Indonesia 

(Sigit Asmara Santa- Biro Ilmu Pengetahuan AIPI)

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.