WEBINAR PENGUATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN RISET NASIONAL

21 June 2022 | 122 hits
WEBINARKIS22062022.jpg

Siaran Pers AIPI

Jakarta, 20 Juni 2022. Negara-negara yang kini telah berpredikat sebagai negara maju, ditengarai memberikan perhatian besar pada penelitian dan pengembangan pada tahap-tahap awal pembangunannya. Mereka sejak awal meyakini bahwa faktor penghela penting menuju negara maju adalah menempatkan pembangunan berbasis ilmu pengetahuan melalui knowledge-based economy. Dengan dibentuknya BRIN pada 2021 sebagai pengintegrasi kelembagaan penelitian dan pengembangan, dan potret kondisi indikator-indikator ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi di Indonesia yang masih belum sepenuhnya baik, maka perbincangan penguatan kapasitas kelembagaan riset nasional menjadi sangat penting.

Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) sebagai lembaga independent yang bertugas memberi pendapat, saran, dan pertimbangan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi; serta memacu perkembangan ilmu pengetahuan dan keunggulannya akan menyelenggarakan forum diskusi berbentuk Webinar bertajuk “Penguatan Kapasitas Kelembagaan Riset Nasional.” Seminar Daring akan dihelat pada Rabu, 22 Juni 2022; pukul 08.30 – 12.30 WIB. Webinar terbuka untuk kalangan ilmuwan, peneliti, pengambil kebijakan, dosen, mahasiswa dan publik luas ini, dapat diikuti melalui tautan https://bit.ly/FGD_KIS_AIPI dengan Meeting ID: 891 7533 6073 Passcode: FGD-AIPI atau YouTube: https://bit.ly/YT_FGDKISAIPI.

Webinar Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) ini tersusun atas tiga sesi. Pertama, paparan dari Pembicara Kunci dan diikuti dengan dua sesi diskusi berturutan. Sesi pertama Webinar akan menghadirkan Pembicara Kunci:  Ir. Montty Girianna, M.Sc., MCP., Ph.D., Deputi III Pengembangan Usaha Badan Usaha Milik Negara, Riset dan Inovasi Kementrian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia.

Dalam Diskusi Sesi 1 bertema Potret Lembaga Riset Nasional Indonesia akan dipandu oleh Prof. Dr. Sofian Effendi - Wakil Ketua AIPI/ Guru Besar UGM, akan menghadirkan pembicara:

  1. Dr. Ir. Subandi  Sardjoko, M.Sc. - Deputi Pengembangan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan. BAPPENAS
  2. Dr. Laksana Tri Handoko - Kepala BRIN  
  3. Dr. Inaya Rahmani - Anggota Kehormatan ALMI/UI

Sedangkan dalam Diskusi Sesi 2 bertajuk Menjawab Tantangan Penguatan Ekosistem Riset dan Inovasi, akan dipandu oleh Dr. Maxensius Tri Sambodo - Peneliti Utma BRIN, dengan menghadirkan pembicara:

  1. Prof. Suahasil Nazara , SE.,M.Sc., Ph.D - Wamen Keuangan RI  
  2. Dr. Wijayanti Isdijoso - Direktur The SMERU Research Institute
  3. Prof. Irawan Yusuf, Ph.D.- AIPI /UNHAS
  4. Dr. Ashwin Sasongko - Universitas Telkom Bandung

Rangkaian Webinar ini akan dibuka langsung oleh Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro dan Webinar ditutup oleh Prof. Mayling Oey-Gardiner, Ph.D. - Ketua Komisi Ilmu Sosial, AIPI.

Luaran yang diharapkan dari kegiatan Webinar Diskusi Kelompok Terpumpun ini adalah salah satu bahan untuk penyusunan policy brief tentang Penguatan Kapasitas Kelembagaan Riset Nasional untuk disampaikan kepada stake holder AIPI, pemerintah, penentu kebijakan, masyarakat ilmiah dan umum, sebagai bentuk pertanggungjawaban AIPI

Pembaca Budiman. Silakan mengikuti acara ini melalui aplikasi Zoom, YouTube dan media sosial AIPI. Acara terbuka untuk umum, masyarakat dan pemerhati IPTEK, mahasiswa, dosen, cendekiawan dan ilmuwan, serta pengambil kebijakan. Peserta yang mendaftarkan diri akan mendapat Sertifikat Peserta secara gratis.

(Sigit Asmara Santa – Biro Administrasi Ilmu Pengetahuan)

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.