Hendra Gunawan
Institut Teknologi Bandung
Anggota sejak : 2015
Keanggotaan : komisi ilmu Pengetahuan Dasar
Kepakaran : Matematika
Blog : https://hgunawan82.wordpress.com/

Prof. Hendra Gunawan, lahir di Bandung pada tanggal 29 Desember 1964. Setelah meraih gelar sarjana dalam bidang Matematika dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1987, ia diterima sebagai dosen di ITB pada awal tahun 1988. Pada tahun itu juga, ia melaksanakan tugas belajar ke University of New South Wales, Sydney, Australia. Selain disertasinya yang berjudul “Maximal Functions and Harmonic Analysis”, dari hasil penelitian

doktornya ia berhasil memublikasikan dua paper penting di jurnal internasional, salah satunya di Pacific Journal of Mathematics. Hasil ini merupakan terobosan penting saat itu dalam area Analisis Harmonik atau Analisis Fourier modern.

Pada tahun 1992, Hendra terlibat dalam penyelenggaraan Franco-SEAMS Conference di ITB, dan membantu penyusunan prosidingnya. Pada tahun 1994, ia melanjutkan penelitiannya di University of New South Wales, dan menghasilkan paper tentang Fungsi Maksimal Stein yang kemudian dipublikasikan pada tahun 1995. Dia kembali diundang oleh University of New South Wales pada 1998. Pada tahun yang sama ia diundang oleh Professor Jose Garcia Cuerva untuk melakukan penelitian bersama dengannya di Universidad de Autonoma di Madrid, tentang Fungsi Maksimal Fraksional. Hasil penelitiannya dipublikasikan beberapa tahun kemudian di Bulletin of the Australian Mathematical Society.

Sebagai doktor muda, pada tahun 1994 dan 1998, Hendra Gunawan mendapat travel grant dari International Mathematical Union untuk menghadiri International Congress of Mathematicians di Zurich (1994) dan Berlin (1998), sebagai satu-satunya peserta dari Indonesia.

Hingga saat ini, ia telah menulis sebanyak 29 paper/makalah dalam area Analisis Fourier, 30 dalam area Analisis Fungsional, dan 14 dalam area lainnya. Dari sekian banyak paper/makalahnya, sebanyak 48 diantaranya dipublikasikan di jurnal internasional.

Hendra Gunawan membuat sebuah blog khusus bagi anak-anak, yaitu anakbertanya.com. Melalui blog ini, anak-anak diperkenalkan dengan para pakar sebagai sosok panutan, serta dunia keilmuan dan keprofesian.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.