Bambang Hidayat
Institut Teknologi Bandung
Anggota sejak : 1991
Keanggotaan : Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar
Kepakaran : Astronomi
Blog : https://www.iau.org/administration/about/

Prof. Dr. Bambang Hidayat adalah seorang Astronom Indonesia , lahir pada tanggal 18 September 1934 di Kudus, Jawa Tengah.

Akhir 1960, Bambang tamat dari Institut Teknologi Bandung dalam mata pelajaran Astronomi, Fisika, dan Matematika. Salah satu makalah yang ditulisnya untuk meraih gelar doktorandus adalah survei bintang muda di Rasi Ophiuchus. Skripsi tersebut terbit sebagai Contribution from the Bosscha Observatory pada tahun 1961 sebagai sarjana Astronomi. Pada 1961, melalui hibah (grant) dari USAID (United States of America Agency for International Developments), Bambang memulai studi pascasarjananya di Case Institute of Technology, sekarang dikenal sebagai Case Western Reserve University, di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.                                           

Hasil penelitiannya mengenai struktur galaksi (sebagai disertasi Ph.D. pada 1965) dalam Astrophysics Case Institute of Technology; Cleveland, Ohio. USA, Yang lain, menghasilkan distribusi bintang raksasa kelas M bersama Prof. Victor M. Blanco, terbit pada tahun 1968. Hasil itu diulas oleh Comm. 33 IAU dan kemudian dicuplik sebagai teks oleh Prof. Mavridis. 

Pada akhir 1976, ia diangkat menjadi guru besar penuh di ITB dalam bidang astronomi. Pada tahun 1968, Bambang memimpin Observatorium Bosscha dan Departemen Astronomi ITB. Pada usia ke-70, September 2004, Bambang resmi pensiun dari ITB dan menjadi Guru Besar Emeritus.

Dalam skala nasional, Bambang merupakan anggota tim pembina program antariksawan Indonesia dan memperoleh kepercayaan memimpin persiapan Indonesian Space Experiments. Ia juga merupakan salah satu pendiri Himpunan Astronomi Indonesia dan Himpunan Fisika Indonesia, juga menjadi anggota Himpunan Ahli Geofisika Indonesia. Bambang adalah Ketua konsorsium Sains dan Matematika, menjabat sebagai Deputi Ketua LAPAN, Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Anggota Dewan Riset Nasional.

Untuk kontribusinya, Bambang memiliki sejumlah penghargaan, antara lain:

  • Hadiah Ilmu Pengetahuan Presiden RI tahun 1977  
  • Penulis Civic Terbaik (Bersama Dr. Winardi Sutantyo) oleh Menteri P dan K  tahun 1983  
  • Penghargaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai penulis civic  terbaik tahun 1991
  • Dewan Kurator Universitas Al Bayt, Amman, Jordan tahun1991
  • Foreign Member, Royal Astronomical Society (London) tahun 1992
  • Bintang Jasa Utama (Pemerintah RI) tahun 1994
  • 84 th Lustrum Lecture, University of Leiden, Netherlands tahun 1995
  • Asian Science Price (Bangkok) tahun 1995
  • Bintang jasa utama Republik Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dalam tahun 1995
  • Fellow, American Association for the Advancement of Science tahun 2001
  • Habibie Award tahun 2003.

Dalam perjalanan karirnya, tahun 1968-1999 Bambang menjadi Kepala Observatorium Bosscha; tahun 1968-1978 Ketua Jurusan Astronomi; tahun 1980-1986 Sekretaris Senat ITB; 1994-2000 sebagai Vice President, International Astronomical Union  dan tahun 1976-1981 sebagai Ketua Himpunan Astronomi Indonesia 

Di bidang Profesinya, Bambang pernah menjadi Ketua Konsorsium Matematika dan Sains (DepDikBud); Anggota Komisi Disiplin Ilmu, MIPA, Dewan Pendidikan Tinggi, DepDikNas; Ketua Sub. Panitia Indonesian Space Experiments, dalam rangka Indonesia Astronauts program; 1982-1988 Ketua Panitia Teknis Space Electronics (MenegRistek) 1980-2000 Duduk sebagai Koordinator dalam berbagai kerjasama ilmiah: Dengan Jepang dan Belanda. Juga Konsultasi Kerjasama Asia Pasifik dengan Australia; Dewan Kurator Universitas Al-Al Bayt di Amman, Jordan; 1973-2001, 12 kali sebagai Member Scientific Organizing Committees (dibawah IAU) 4 kali Chairman; 4 kali Ketua Lokal Organizing Committees, International Meetings; 1989-1994 Deputi Ketua LAPAN  dan periode 1994-1998 menjadi Sekretaris Badan Akreditasi Nasional. Tahun 1994 sebagai Member Editor Jurnal Ilmiah Astronomi “Jurnal of Astronomical History and Heritage”; Member Comission of Double Star (Com 26) Comm. Interstellar Matter; Comm. Galactic Structure; International Astronomical Union di tahun 1999 menjadi Wakil Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia serta di tahun 2001 menjadi Wakil Indonesia, Association of Asian Academies. 

Bambang juga banyak dikenal publik dari tulisan-tulisan ilmiah populernya di berbagai media massa. Sekitar 1980-an, Bambang mulai memerhatikan dan menulis sejarah astronomi di Indonesia, pendidikan, bahkan sejarah nasional. Beberapa hasil karyanya ialah:

• Indo-Malay Astronomy
• Under a Tropical Sky: A History of Astronomy in Indonesia.
• Faint Halpha-emission star near rho Ophiuchi and sigma Scorpii
• Telescopes, Red Stars, and Chilean Skies”. Annual Review of Astronomy and Astrophysics
• Distribution of Giant M Stars in Three Galactic Regions, sebagai hasil tesis PhD (1965).

Keanggotaan Bambang dalam organisasi ilmiah mencakup Himpunan Fisika Indonesia; Astronomisches Gesellschaft (Jerman); American Astronomical Society (USA); International Astronomical Union; serta Sigma XI Research Society (appointment since 2001) .

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.