Purwiyatno Hariyadi
Institut Pertanian Bogor
Anggota sejak : 2012
Keanggotaan : Komisi Ilmu Rekayasa
Kepakaran : Rekayasa Proses Pangan
Blog : http://phariyadi.staff.ipb.ac.id/

Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, MSc., CFS lahir di Pati, Jawa Tengah, pada 9 Maret 1962. Ia menyelesaikan sarjana pendidikan (Teknologi Pangan; Cum Laude) dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1984, gelar master (1990) di Ilmu Pangan, dan Ph.D. (1995) dalam Ilmu Pangan dengan minor di Teknik Kimia, University of Wisconsin, Madison, Amerika Serikat.

Kini ia adalah profesor rekayasa proses pangan di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian Rekayasa dan Teknologi, IPB.

Hariyadi menjabat sebagai Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Fakultas Teknologi Pertanian, IPB (2001-2004) dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknologi, IPB (1995-2001). Selanjutnya, sebagai Direktur Southeast Asian Food and AgriclturalScience and Technology (SEAFAST) Center, IPB (2005-2015).

Dia merupakan Ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) selama dua periode (2006-2008, dan 2008-2010). Hariyadi juga pernah menjabat Ketua Masyarakat Perkelapa-sawitan Indonesia (MAKSI) pada periode 2005-2008.

Hariyadi juga aktif sebagai anggota Institute of Food Technologists (IFT), Amerika Serikat sejak 1990.  Ia lantas tercatat menjadi Anggota Profesional sejak 2012. Pada Juni 2015, Hariyadi mendapat pengakuan sebagai Certified Food Scientist (CFS) dari The International Food Science Sertifiction Commission. Sejak tahun 2000, Hariyadi adalah anggota dari Institute for Thermal Processing Specialists (IFTPS), Amerika Serikat, hingga sekarang.

Prof. Hariyadi juga tercatat sebagai anggota Komite Nasional Codex Indonesia  sejak Maret 2011. Ia juga menjadi anggota Delegasi Republik Indonesia di berbagai Rapat CODEX. Karena peran aktifnya di bidang Codex; pada bulan Juli tahun 2017, sebagai wakil Indonesia, Prof Purwiyatno Hariyadi berhasil terpilih sebagai Vice Chairperson pada Codex Alimentarius Commission (CAC), lembaga antar pemerintah (intergovernmental) bentukan Badan Pertanian Dunia (Food and Agriculture Organization, FAO) dan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization; WHO) yang bermarkas di Roma, Italia.

Prof Purwiyatno Hariyadi juga aktif sebagai narasumber bidang ilmu dan teknologi pangan pada berbagai lembaga, seperti Kementerian-kementerian Perdagangan, Perindustrian, Kelautan dan Perikanan, Pertanian, Kesehatan, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Standarisasi Nasional.  Hariyadi juga berperan sebagi penasihat ilmiah (scientific advisor) di International Life Sciense Institute (ILSI) dan pada tahun 2014 Prof Purwiyatno Hariyadi menerima the ILSI Southeast Asian Region Recognition Award.

Mulai tahun 2005 ia berperan sebagai Editor in Chief pada majalah teknologi pangan bulanan, Food Review Indonesia, dan berfungsi sebagai Pemimpin Redaksi.  Sejak 2012, Hariyadi terpilih sebagai anggota Komisi Rekayasa AIPI. Pada tahun2016, Prof Hariyadi juga terpilih sebagai anggota (fellow) pada the International Academy of Food Science and Technology (IAFoST).

Prof Purwiyatno Hariyadi mempunyai hobi membaca dan menulis.  Untuk menyalurkan hobi menulis (dan menyebarkan ilmu dan teknologi pangan), sejak tahun 2005, Prof Purwiyatno Hariyadi berperan sebagai pendiri dan sekaligus menjadi Ketua Redaksi pada majalah FOODREVIEW Indonesia.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.