Dewi Fortuna Anwar
Monash University
Anggota sejak : 2015
Keanggotaan : Komisi Ilmu Sosial
Kepakaran : Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan
Blog : -

Prof. Dr. Dewi Fortuna Anwar, M.A. lahir di Bandung, 22 Mei 1958. Pada tahun 1981, ia meraih BA dari School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London, dengan spesialisasi dalam bidang sejarah Asia Tenggara. Pada 1982, Dewi meraih M.A. dalam South East Asian Area Studies, SOAS, University of London, majoring dalam bidang politik dan minoring dalam bidang ekonomi dan antropologi. Tesisnya saat itu, “The Ka’ba and the Garuda: The Dilemma of Islam in Indonesian Politics”. Ia melanjutkan studi ke Department of Politics and History, Monash University, Melbourne, Australia, dan meraih Ph.D pada 1990.

Dewi menjadi Asisten Mensesneg bidang Politik dan Globalisasi pada masa Pemerintahan Presiden B.J. Habibie serta Deputi Seswapres bidang Politik semasa Wakil Presiden dijabat oleh Budiono dan Wakil Presiden Jusuf Kala sampai sekarang.

Dewi penah menjabat sebagai Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusian – Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) pada 2001-2010. Ia sendiri masih menjadi peneliti pada Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P-LIPI) sejak tahun 1983. Dewi meraih gelar Ahli Peneliti Utama pada tahun 1998 dan dilantik sebagai Profesor Riset pada tahun 2006. Dewi juga pernah menjadi Direktur Program dan Riset The Habibie Center pada 1999-2010. Sejak 2000, ia adalah Anggota Dewan Direktur CIDES.

Ia banyak menjadi peneliti tamu pada sejumlah proyek penelitian. Antara lain ketika menjadi peneliti tamu pada Center for Southeast Asian Studies, Kyoto University, Jepang. Pada September 2002, ia juga menjadi peneliti tamu pada Faculty of Asian Studies, Australian National University.

Dewi menjadi anggota AIPI sejak 2015 dengan keahlian politik luar negeri. Karya ilmiahnya banyak dipublikasikan di jurnal ilmu politik.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.