Susanto Imam Rahayu
Institut Teknologi Bandung
Anggota sejak : 2002
Keanggotaan : Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar
Kepakaran : Kimia Fisik dan Kimia Teori
Blog : -

Prof. Susanto Imam Rahayu lahir di Lumajang, Jawa Timur, pada tanggal 23 Agustus 1935. Pendidikan tinggi dimulainya di FIPIA UI, Bandung,  mendapatkan gelar Drs. dari ITB tahun 1962, serta Ph.D. dalam bidang kimia teori pada tahun 1967 dari Theoretical Chemistry Institute, Department of Chemistry, University of Wisconsin - Madison, AS.

Sekembali ke ITB ia aktif dalam tugas pmbangunan institusi, serta pengembangan pendidikan yang terintegrasi dengan penelitian dalam bidang Kimia Fisika dan Kimia Anorganik di Departemen Kimia ITB. Diangkat sebagai guru besar dalam Kimia Fisika dan Kimia Teori tahun 1995.

Di lingkungan ITB, Ia pernah menjabat: Ketua Program Tahun Pertama Bersama, Ketua Departemen Kimia beberapa kali, Pembantu Dekan bidang akademi Fakultas MIPA, dan Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan ITB.  Di tingkat nasional: membantu pendirian dan pengembangan jurusan kimia di berbagai PTN, menjadi anggota Team Basic Science Bank Dunia untuk Indonesia, serta akfif dalam proses Seleksi Masuk PTN, dengan menjalin kerjasama dengan ACT di Iowa dan ETS di Princeton. Di tingkat regional, Prof Susanto adalah yang memelopori penyelenggaraan kegiatan dwi tahunan "Seminar Kimia  Bersama ITB - UKM" sejak th 1994, yang menghasilkan kerja sama penelitian kimia antara ITB dengan Universiti Kebangsaan Malaysia. Juga menginisiasi pembentukan kelompok penelitian Ilmu dan Teknologi Membran di Departemen Kimia ITB, serta memberi kuliah di UKM, dalam rangka kerja sama ASEAN, yg melibatkan juga UNSW di Australia.

Bidang permasalahan dan penelitian yang diminatinya adalah tentang sifat keadaan tak setimbang dalam termodinamika dan mekanika statistik. Secara khusus antara lain mengembangkan : teori kuantum pertama tentang effek kerapatan pada proses transport gas; tabel quantum transport cross section pertama yang dihitungnya diadopsi US National Bureau of Standard; menyusun faktor koreksi kuantum pada rerata energi kinetik, dikenal sbg Imam Rahajoe - Curtiss correction factor; pendekatan semiklasik pada teori kinetik gas; teori pengaruh  reaksi kimia pada proses transport gas ; penanganan proses-proses tak reversibel dalam termodinamika sistem-sistem dekat setimbang dan jauh dari setimbang.  Di ITB penelitian-penelitian tersebut dilakukan pula bersama mahasiswa pasca sarjana bimbingannya pada Kelompok Penelitian Kimia Teori dan Komputasi yang dipimpinnya. Sejalan itu diterbitkan buku "Teori Kinetik Gas" dan buku text "Termodinamika. Azas dasar dan terapan kimia".

Prof. Susanto Imam Rahayu purnabakti di ITB pada bulan Agustus 2005, namun tetap aktif dalam kegiatan pengembangan ilmu serta menuliskan berbagai gagasannya tentang pengembangan ilmu di media.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.