Terry Mart
Universitas Indonesia
Anggota sejak : 2012
Keanggotaan : komisi ilmu Pengetahuan Dasar
Kepakaran : Fisika Nuklir dan Partikel Elementer Teoretis
Blog : https://physics.ui.ac.id/terry-mart/

Prof. Terry Mart lahir di Palembang pada tanggal 3 Maret 1965. Ia menerima gelar sarjana dari Universitas Indonesia pada tahun 1988 dengan predikat cum laude. Pada tahun 1996 ia menerima Doctor rerum naturalium (Dr. rer. nat.) dari Universitaet Mainz, Jerman, juga dengan predikat cum laude. Antara tahun 1997 dan 2000 ia menghabiskan waktu untuk penelitian pasca doctor sebagian besar di Departemen Fisika serta Center for Nuclear Studies, Universitas George Washington, Washington DC, Amerika Serikat, Departemen Fisika dan Pusat Simulasi Sains, Okayama University of Sciences, Okayama, Jepang, dan Institut für Kernphysik, Universität Mainz, Jerman.

Terry Mart adalah anggota staf pengajar dan peneliti di Departemen Fisika, FMIPA, Universitas Indonesia, sejak tahun 1990. Pernah menjadi ketua Dewan Guru Besar FMIPA UI (2015-2020) dan masih menjadi anggota Dewan Guru Besar UI sejak 2015 hingga 2025, anggota Dewan Pendidikan Tinggi hingga 2019, serta beberapa kali menjadi ketua dan staf tim ahli Badan Standar Nasional Pendidikan. 

Hingga kini, Terry telah menulis sekitar seratus karya ilmiah di jurnal internasional. Terry juga menjadi referee untuk beberapa jurnal fisika internasional seperti Physical Review C dan D (American Physical Society), Physics Letters B (Elsevier), dan European Physical Journal A (Springer Verlag), serta Annals of Physics (Elsevier). Selain menulis artikel ilmiah, Terry juga aktif menulis opini dan artikel populer di koran serta majalah, seperti Kompas dan Symmetry Magazine. Di bidang eksperimen fisika partikel Terry pernah menjadi anggota kolaborasi CLAS (Jefferson Lab) dan SAPHIR (ELSA, Bonn).

Penghargaan yang pernah ia terima antara lain: Habibie Award Bidang Ilmu Dasar tahun 2001, Satyalancana Karya Satya 10 Tahun dari pemerintah RI tahun 2007, Leading Scientists and Engineers dari Komisi Teknologi (Comstech) Organisasi Konferensi Islam tahun 2008, Outstanding Southeast Asian Scientists dari South East Asia–European Union Network tahun 2009, Ganesa Widya jasa Adiutama dari ITB tahun 2009, Anugerah Kekayaan Intelektual Luar  Biasa dari Kementerian Pendidikan Nasional RI tahun 2009, dan Sarwono Award pada tahun 2019.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.