Sri Widiyantoro
Australian National University
Anggota sejak : 2011
Keanggotaan : komisi ilmu Pengetahuan Dasar
Kepakaran : Geophysics
Blog : -

Prof. Dr. Sri Widiyantoro adalah seorang Guru Besar dalam bidang Seismologi. Ia lahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada 5 Desember 1962, Sri menamatkan pendidikan S-1 pada Jurusan Geofisika dan Meteorologi ITB pada 1986, lalu menyelesaikan program  magister di Kyoto University, Jepang pada 1992. Ia menyelesaikan program doktoral di Australian National University, Australia pada 1997.

Hingga saat ini, Sri merupakan Ketua International Working Group on Subduction Zones, sejak 2001. Ia juga merupakan Perwakilan International Union of Geodesy and Geophysics untuk urusan International Council of Scientific Unions (ICSU) Asia Pasifik (2007-saat ini). Sri juga menjadi Editor “International Journal of Tomography and Statistics” (2004—saat ini).

Sri menjadi Guru Besar Pertama di ITB dan Indonesia dalam bidang Seismologi, dikukuhkan pada 2007. Ia juga merupakan Ketua Kelompok Keahlian Ilmu dan Teknik Geofisika ITB dan Kepala Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi ITB.

Di samping karyanya pada masalah seismologi skala besar, ia telah terlibat aktif dalam konsultasi pada minyak, gas, dan eksplorasi panas bumi kerja terkait di Indonesia. Ia telah menerima beberapa penghargaan termasuk Doornbos Memorial Prize dari Asosiasi Internasional Seismologi dan Fisika Bumi Negeri, Habibie Award dari The Habibie Center, Sains dan Teknologi Award dari Toray Indonesia Science Foundation, dan Australian Alumni Award Riset dan Inovasi. Saat ini ia adalah Dekan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, ITB, dan Presiden Asosiasi Indonesia dari Ahli Geofisika (2012-2014).

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.