Mochtar Kusumaatmadja
Universitas Indonesia
Anggota sejak : 1991
Keanggotaan : Komisi Ilmu Sosial
Kepakaran : Hukum
Blog : -

Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja lahir di Batavia, 17 Februari 1929. Ia lulus S1 Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta pada 1995. Ia melanjutkan studi S2 Sekolah Tinggi Hukum Yale, Amerika Serikat pada 1958, lalu menyelesaikan program doktoral di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung pada 1962 dan Universitas Chicago, Amerika Serikat tahun 1966.

Akademi dan diplomat Indonesia ini pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman dari tahun 1974 sampai 1978 dan Menteri Luar Negeri dari tahun 1978 sampai 1988. Ia adalah Guru Besar dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung, sekaligus tercatat sebagai anggota perdana AIPI sejak 1991. Keahliannya ialah hukum internasional.

Definisinya tentang hukum “Hukum adalah keseluruhan asas-asas dan kaidah-kaidah yang mengatur kehidupan masyarakat, termasuk di dalamnya lembaga dan proses untuk mewujudkan hukum itu kedalam kenyataan”, dianggap paling relevan dalam menginterpretasikan hukum pada saat ini. Doktrin ini menjadi Mahzab yang dianut di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran hingga saat ini.

Mochtar pernah menjadi Wakil Indonesia pada Konferensi Hukum Laut, Jenewa, Colombo, Tokyo pada 1958 – 1961. Ia juga yang mewakili Indonesia pada Sidang PBB mengenai Hukum Laut, Jenewa dan New York.

Guru Besar FH Unpad ini banyak berperan dalam diplomasi penetapan batas laut teritorial, batas darat, dan batas landas kontinen Indonesia. Dia berhasil memainkan posisi dan kebijakan politik bebas-aktif Indonesia dalam peta diplomasi dunia.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.