Djoko Tjahjono Iskandar
Institut Teknologi Bandung
Anggota sejak : 2015
Keanggotaan : Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar
Kepakaran :
Blog : -

Prof. Dr Djoko Tjajono Iskandar lahir di Bandung, 23 Agustus 1950. Ia lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1975. Ketertarikan ilmiahnya antara lain pada bidang Sistematika, Ekologi, Evolusi & Konservasi Vertebrata Kecil. Bidang yang juga ia minati, antara lain keanekaragaman hayati, evolusi, biogeografi, konservasi, penilaian ekologi, spesies indikator, amfibi, reptil, dan vertebrata kecil.

Djoko mengembangkan diri dalam bidang Evolusi dan konservasi. Ia menghasilkan sekitar seratus publikasi dalam jurnal internasional bereputasi tinggi seperti Science, PLos One, Molecular Phylogenetics and Evolution, Zootaxa, Biology Letters, Current Biology, American Naturalist, Zoological Journal of the Linnean Society, Biogeography, dan Raffles Bulletin of Zoology.

Kegiatan konservasi yang dilakukannya adalah melakukan penelitian dasar keanekaragaman hayati daerah yang perlu dilindungi dengan menggunakan amfibi dan reptil sebagai hewan model. Untuk tujuan tersebut ia sudah menjelajahi 30 provinsi di Indonesia. Atas kepakaran yang dimilikinya, namanya diabadikan dalam enam jenis satwa dan telah menerima delapan tanda jasa baik dari dalam maupun luar negeri.

Sejumlah penghargaan yang ia dapatkan, antara lain:
• Publikasi Penghargaan, 2014 Institut Teknologi Bandung, Indonesia
• ITB Penghargaan Medali 35 tahun, 2013 Institut Teknologi Bandung, Indonesia
• Ganesa Cendekia Widya Adi Utama, 2011 Institut Teknologi Bandung, Indonesia
• Pemerintah Medali Emas 30 tahun, 2009 Pemerintah Indonesia
• Habibie Award Ilmu Basic, 2005 The Habibie Center, Jakarta, Indonesia
• ITB Penghargaan Medali 25 tahun, 2003 Institut Teknologi Bandung, Indonesia
• Pemerintah Medali Perak 20 tahun, 2003 Pemerintah Indonesia
• Kennedy Award menerbitkan makalah tahun dengan R.M. Coklat., 2001 Masyarakat Internasional untuk Studi Amfibi & Reptil, USA.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.