Jatna Supriatna
University of New Mexico, USA
Anggota sejak : 2011
Keanggotaan : Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar
Kepakaran : Biological Anthrology
Blog : -

Jatna Supriatna adalah ilmuwan biologi dan pejuang konservasi yang memperteguh pentingnya Wallace Area dengan menjadikan Sulawesi dan pulau sekitarnya sebagai laboratorium alam untuk mendeduksi proses evolusi. Ia menemukan intergradasi sekunder dan hibridisasi di kawasan tersebut.

Primata hibrid yang ditemukannya menarik perhatian dunia karena hibridisasi memungkinkan terjadinya perubahan genetik dan perilaku serta sifat-sifat biologi lainnya. Selain primata hibrid dan monyet spesies baru, ia juga menemukan virus baru pada monyet ekor panjang Jawa Barat.

Jatna juga memimpin beberapa lembaga. Pada 1999 dia dipilih sebagai ketua Indonesia Biologist Association. Pada 2006, dia ditunjuk sebagai Presiden South East Asia Primatologist Association, dan pada 2007 menjadi salah satu ketua World Conservation Union-SSC PSG South East Asia.

Jatna telah menulis sepuluh buku tentang keanekaragaman hayati dan lingkungan Indonesia dan telah mempublikasikan lebih dari seratus artikel yang tersebar di berbagai jurnal ilmiah Internasional. Dia merupakan Anggota Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar AIPI sejak 2011.

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.