Akmal Taher
Universitas Indonesia dan Hannover Medical School, Hannover, Jerman
Anggota sejak : 2011
Keanggotaan : Komisi Ilmu Kedokteran
Kepakaran : Urologi
Blog : -

Prof Dr. dr. Med. Akmal Taher, ApU(K) lahir di Jakarta, pada 27 Juli 1955. Alumnus SMA Kanisius Jakarta tahun 1974 melanjutkan ke Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 1980, Spesialis Urologi FK UI tahun 1988, serta meraih gelar Doktor Medikus Hannover Medical School, Hannover,
Jerman (1993) dan Doktor FK UI Jakarta (1993). Akmal pernah mengikuti kegiatan pelatihan teknik baru tentang operasi Epididimovasostomi Cornell Medical Center, New York, Amerika Serikat (2003).

Akmal adalah seorang Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia pernah menjadi Direktur Utama Rumah Sakit Dr.Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Ketua Terpilih Ikatan Ahli Urologi Indonesia. Akmal juga tercatat aktif sebagai pembicara dalam Pertemuan Ilmiah tingkat International (11 forum hingga tahun 2002) dan Nasional (90 forum hingga tahun 2003). Akmal saat ini menjadi anggota Komisi Ilmu Kedokteran AIPI.

Sebagai Profesor, ia telah menghasilkan sejumlah penelitian atau percobaan yang bertemakan Clynic Nucleotide Phosphodiesterase Activity dan Erectile Dysfunction. Akmal juga menjadi peneliti utama dalam beberapa penelitian kimia multinasional terhadap obat-obat untuk disfungsi ereksi.

Mantan Ketua Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI) periode 2006- 2009 ini telah memperoleh berbagai macam penghargaan sepanjang kariernya. Antara lain Satyalancana Karya Satya (2004), Pemenang terbaik kedua pada Medika Award dalam artikel ilmiah dalam majalah Medika (2002), Hasil terbaik pada Riset Unggulan Terpadu dari Menteri Riset dan Teknologi (1997), All Star Award Galamedika (1996), Grosshardener Innovationpreis, Jerman (1994), dan Peneliti Muda Terbaik di Bidang Kesehatan LIPI Indonesia (1993).

Dalam bidang pemerintahan, Akmal juga pernah menjabat sebagai Direktur Bina Upaya Kesehatan, Kementerian Kesehatan, dan saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Kesehatan untuk bidang Peningkatan Pelayanan Kesehatan

Hak Cipta © 2014 - 2017 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.