Jurnal

Cover_SAINS45_IND.jpg

SAINS45: Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia Menyongsong Satu Abad Kemerdekaan (Agustus 2016)

Status : Edisi Final
ISBN : 978-979-99097-7-0
Halaman : 252
Download : 1235
Unduh PDF Baca PDF

Penulis

AIPI

Deskripsi

Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia ini, SAINS45, adalah buah pikir dan hasil karya ilmuwan muda Indonesia. Mereka yang berusaha keras untuk tetap dapat berkarya dan memberikan yang terbaik bagi negeri ini, meski gamang akan dukungan yang diberikan negara untuk mempertahankan keunggulan ilmiah mereka.

Perumusan agenda ini menelaah sains apa yang dibutuhkan Indonesia untuk menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang bersatu, berdaulat, adil, makmur, sejahtera, unggul, kompetitif, dan disegani dunia. 

SAINS45 terdiri atas 45 pertanyaan mendasar yang dikelompokkan dalam delapan gugus masalah, yaitu: (i) Identitas, Keragaman, dan Budaya; (ii) Kepulauan, Kelautan, dan Sumber Daya Hayati; (iii) Kehidupan, Kesehatan, dan Nutrisi; (iv) Air, Pangan, dan Energi; (v) Bumi, Iklim, dan Alam Semesta; (vi) Bencana Alam dan Ketahanan Masyarakat terhadap Bencana; (vii) Material dan Sains Komputasional; dan (viii) Ekonomi, Masyarakat, dan Tata Kelola.

 

Kutipan yang disarankan:

Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. 2016. SAINS45: Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia Menyongsong Satu Abad Kemerdekaan. Jakarta: AIPI

Topik

Sains

Hak Cipta © 2014 - 2023 AIPI. Dilindungi Undang-Undang.